BAKTI Kominfo Inisiatif Sediakan Internet Dukung Pendidikan di Kalsel




Jakarta, Indonesia

Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) melalui Badan Aksesibilitas Telekomunikasi dan Informasi (BAKTI) melakukan inisiatif untuk memperluas sebaran akses internet di Indonesia.

Salah satu upaya yang dilakukan adalah dengan menghadirkan akses internet melalui Stasiun Bumi Banjarmasin yang terletak di Banjarbaru, Kalimantan Selatan.

Stasiun Bumi Banjarmasin ini menjadi gerbang jaringan (gateway) untuk optimalisasi penyebaran internet terutama untuk layanan publik, kesehatan, keamanan dan pendidikan.


ADVERTISEMENT


SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

“Kegunaan satelit ini adalah secara desain memang digunakan secara menyeluruh, yang sudah dibangun untuk coverage areanya dari Sabang sampai Merauke. Jadi untuk seluruh Indonesia pasti dapat pelayanan yang berpusat ke pendidikan, kantor pemerintahan, keamanan serta sektor publik lainnya,” ujar Staf Engineering Network SNT Abdul Hamid Fahni M kepada Indonesia.

Manfaat satelit dengan kapasitas kecepatan mencapai 150GB ini dirasakan betul oleh masyarakat.

Salah satu penerima manfaat akses internet di gateway Stasiun Bumi Banjarmasin adalah SDN Satui Barat yang terletak di tengah perkebunan kelapa sawit dan pesisir pantai, sekolah yang memiliki total 75 siswa ini merasakan dampak positif dari akses internet di sekolah mereka.

“Semenjak ada akses internet ini, informasinya jadi semakin luas dan ketika ada kegiatan yang mendadak bisa diinformasikan melalui grup. Dengan adanya internet mempermudah guru-guru melakukan aktivitasnya,” ujar guru kelas 5 SDN Satui Barat Muhammad Eko Ariyono.

Eko menjelaskan tidak hanya guru yang memanfaatkan akses internet di sekolah mereka, tetapi juga para siswa sangat antusias mencari beragam informasi melalui akses internet.

Para guru pun mendapat tugas tambahan untuk membimbing para siswa agar mendapat informasi yang layak sesuai dengan usia mereka.

BAKTI terus berkomitmen untuk fokus membangun infrastruktur telekomunikasi khususnya di wilayah 3T (terdepan, terluar, dan tertinggal) selama satu dekade terakhir.

Berdasarkan data BAKTI KOMINFO per 4 Oktober 2024, target 5.618 lokasi BTS, 5.142 lokasi sudah on air, 156 lokasi ready for on air, sisanya sedang dalam pembangunan.

Akses internet yang telah diterima dari hasil pembangunan ini adalah sebanyak 18.715 titik di seluruh Indonesia. Titik-titik akses internet ini difokuskan pada kantor pelayanan publik.

(fef)




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *