Banjir Bandang Garut, BNPB Sebut Tak Ada Korban Jiwa



Jakarta, Indonesia —

Banjir bandang melanda Desa Karyamekar, Kecamatan Pasirwangi, Kabupaten Garut, Jawa Barat pada Jumat (19/11). Menurut laporan Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) tidak ada korban jiwa dalam peristiwa tersebut.

Plt. Kepala Pusat Data, Informasi dan Komunikasi Kebencanaan BNPB, Abdul Muhari, mengatakan berdasarkan laporan BPBD, banjir terjadi jauh dari pemukiman warga.

“Laporan tim BPBD di lapangan, banjir yang terjadi berlokasi jauh dari pemukiman warga. Tidak ada korban jiwa akibat kejadian tersebut,” kata Abdul dalam keterangan tertulis, Sabtu (20/11).

Abdul mengatakan meski tak menyebabkan korban jiwa, longsoran akibat banjir bandang berdampak pada putusnya jalan menuju kawasan wisata Kawah Darajat. Banjir juga merendam lahan pertanian warga.

BPBD Kabupaten bersama tim gabungan berkoordinasi dengan instansi terkait untuk melakukan pendataan kemungkinan kerugian lain yang disebabkan bencana banjir.

Selain itu Abdul juga mengimbau masyarakat untuk waspada banjir susulan, meski cuaca terpantau cerah. Pembersihan material pasca banjir akan dilakukan hari ini.

“BPBD setempat mengimbau kepada masyarakat untuk meningkatkan kewaspadaan sebagai langkah mitigasi adanya banjir susulan,” tutur Abdul.

BNPB mengimbau pemerintah daerah dan masyarakat untuk melakukan langkah-langkah kesiapsiagaan dengan meningkatkan kewaspadaan terkait fenomena La Nina di sejumlah wilayah di Indonesia hingga Februari 2022.

Masyarakat diharapkan dapat mengikuti instruksi dari perangkat daerah setempat apabila dalam kondisi darurat.

(mik/mik)

[Gambas:Video ]




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *