Banyak Orang Jokowi, Minus PDIP



Jakarta, Indonesia

Presiden terpilih RI Prabowo Subianto telah rampung melaksanakan seleksi terhadap calon menteri, wakil menteri, dan kepala badan yang akan mengisi kabinetnya.

Secara maraton, lebih dari 100 kandidat itu dipanggilnya ke rumah pribadi Prabowo di Jalan Kertanegara, Jakarta Selatan, untuk membicarakan posisi di kabinet pemerintahan mendatang selama dua hari, Senin (14/10) dan Selasa (15/10).


ADVERTISEMENT


SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Selama dua hari itu total ada 108 kandidat calon pengisi kabinet yang dipanggil Prabowo. Setelahnya, selama dua hari selanjutnya, Rabu (16/10) dan Kamis (17/10), Prabowo memberikan pembekalan kepada calon menterinya di kediaman pribadinya, Hambalang, Bogor, Jawa Barat.

Kendati demikian, Ketua Harian Gerindra Sufmi Dasco Ahmad mengatakan sosok-sosok calon menteri dan wakil menteri yang akan mengisi kabinet Prabowo masih bisa berubah.

“Masih ada satu, dua nanti yang dinamis sampai dengan tanggal 18 atau terakhir 19 [Oktober] itu mungkin masih ada beberapa pertimbangan-pertimbangan,” kata Dasco di depan rumah Prabowo di Kertanegara, Selasa (15/10).

Berikut fakta-fakta menarik proses seleksi calon menteri, wakil menteri dan kepala badan kabinet Prabowo berdasarkan rangkuman Indonesia.com

8 mantan aktivis ’98

Tokoh-tokoh mantan aktivis 98 turut mewarnai proses seleksi calon menteri, wakil menteri, dan kepala badan kabinet Prabowo.

Berdasarkan catatan Indonesia.com terdapat sebanyak delapan orang aktivis ’98 yang telah menghadap Prabowo di Kertanegara IV.

Mereka adalah sebagai berikut:

  • Nezar Patria (Wakil Menteri Komunikasi dan Informatika)
  • Agus Jabo (Ketum Partai Prima)
  • Mugiyanto (Tenaga Ahli KSP)
  • Immanuel Ebenezer (Ketua Umum Relawan Jokowi Mania)
  • Budiman Sudjatmiko (eks politisi PDIP)
  • Faisol Riza (politikus PKB)
  • Fahri Hamzah (Wakil Ketua Umum Partai Gelora)
  • Afriansyah Noor (Wakil Menteri Ketenagakerjaan).

Orang-orang Jokowi ikut dipanggil

Para tokoh yang menjadi menteri di kabinet Presiden Joko Widodo (Jokowi) juga ramai mengikuti seleksi dengan bertemu Prabowo.

Pada seleksi hari pertama, 16 dari 49 nama yang dipanggil Prabowo adalah menteri kabinet Presiden Jokowi. Beberapa nama yang menonjol yaitu Sri Mulyani, Bahlil Lahadalia, Pratikno, Erick Thohir, dan Tito Karnavian.

Hal serupa juga terjadi saat seleksi hari kedua. Banyak menteri kabinet Presiden Jokowi juga dipanggil Prabowo di Kertanegara IV.

Mereka adalah Ketua Umum Projo Budi Arie Setiadi, mantan Sekretaris Kabinet Pramono Anung, Stafsus Presiden Juri Ardiantoro, hingga Utusan Khusus Presiden (UKP) Bidang Kerja Sama Pengentasan Kemiskinan dan Ketahanan Pangan Muhamad Mardiono.

Minim tokoh perempuan

Selama proses seleksi selama dua hari Prabowo turut memanggil sejumlah tokoh perempuan untuk bertemu dirinya di Kertanegara IV.

Namun, jumlah tokoh perempuan yang dipanggil sangat sedikit jika dibandingkan dengan jumlah tokoh laki-laki yang dipanggil oleh Prabowo.

Berdasarkan catatan Indonesia.com, dari total 108 kandidat yang dipanggil, hanya terdapat 11 tokoh perempuan yang menyambangi Kertanegara IV selama proses seleksi berlangsung.

Berikut daftar tokoh perempuan yang datang ke rumah Prabowo pada Senin dan Selasa lalu:

  • Sri Mulyani (Menteri Keuangan)
  • Veronica Tan (Profesional)
  • Widiyanti Putri Wardhana (Pengusaha)
  • Ribka Haluk (Pj. Gubernur Papua)
  • Meutya Hafid (Politikus Golkar)
  • Arifah Choiri Fauzi (Muslimat NU)
  • Christina Aryani (Politikus Golkar)
  • Isyana Bagoes Oka (Politikus PSI)
  • Diana Kusumastuti (Dirjen Cipta Karya Kementerian PUPR)
  • Stella Christie (Akademisi)
  • Dyah Roro Esti (Politikus Golkar)

Berlanjut ke halaman berikutnya…

Tak ada Gibran di Kertanegara 

Gibran tidak hadir selama Prabowo melakukan seleksi terhadap puluhan calon menteri, wakil menteri, dan kepala badan selama dua hari di rumah Kertanegara.

Pada seleksi hari pertama, Gibran sempat berkegiatan dengan bertemu pimpinan MPR di kawasan Menteng, Jakarta Pusat.

Gibran pun sempat ditanya awak media apakah akan ke Kertanegara IV pasca bertemu dengan Pimpinan MPR. Namun, dia tak menjawab tegas.

“Ya, nanti lihat ya,” kata Gibran.

Dia pun mengaku persoalan anggota kabinet merupakan urusan Prabowo, meskipn demikian dia menyatakan mengetahui beberapa nama di dalam daftar kandidat.

Setelah dua hari tak datang ke Kertanegara, Gibran terpantau datang ke Hambalang jelang pembekalan calon menteri, Rabu pagi ini.

Tanpa kader PDIP

Dari total 108 tokoh yang telah dipanggil Prabowo ke Kertanegara IV tidak ada satupun calon menteri, wakil menteri, dan kepala badan yang merupakan kader PDIP.

Meski begitu, Dasco mengatakan ada komunikasi pihaknya dengan PDIP. Menurutnya, komunikasi itu sudah berjalan lumayan baik.

Dia menyebut sudah ada beberapa pertemuan antara elite kedua partai. Meski begitu, ia mengaku belum bisa membeberkan hasil pertemuan itu.

“Tapi ini ada beberapa komunikasi, kita minta media bersabar untuk menunggu hal-hal tersebut,” ucap Dasco.

Sebetulnya pada Selasa lalu, politikus senior PDIP yang juga Cagub Jakarta datang ke rumah Prabowo ke Kertanegara. Tak ada pernyataan yang dilayangkan Pramono kepada wartawan saat tiba maupun pergi dari Kertanegara.

Namun, Jubir PDIP yang juga Jubir Pramono-Rano Karno di Pilgub Jakarta, Chico Hakim, dalam keterangannya menyatakan sosok tersebut ke Kertanegara karena mendapatkan tugas menyampaikan pesan dari Ketum PDIP Megawati Soekarnoputri.

Lebih lanjut, Chico menegaskan Pramono tetap berjuang untuk memenangkan Pilgub Jakarta 2024.




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *