Beda Buttercream dan Whipped Cream



Jakarta, Indonesia —

Hari yang istimewa termasuk Natal dan tahun baru jelas perlu hidangan yang istimewa pula. Kue atau dessert serba manis mampu membuat momen bersama pasangan dan keluarga makin ‘manis’.

Lapisan buttercream atau whipped cream yang lembut serasa lumer di mulut, berpadu dengan potongan buah dan renyah topping cake.

Akan tetapi, orang kerap menyamakan buttercream dan whipped cream. Bahkan tak jarang penggunaannya tertukar. Padahal, keduanya memiliki karakter berbeda sehingga berbeda pula aplikasinya.

Berikut perbedaan buttercream dan whipped cream.

1. Bahan

Chef Linda Turnip mengatakan perbedaan mendasar dari buttercream dan whipped cream adalah bahannya. Baik buttercream maupun whipped cream sama-sama mengandung komponen lemak, tetapi buttercream memiliki konsistensi lebih pekat.

“Buttercream ini dari lemak, lemaknya bisa berupa margarin, butter atau mentega. Kalau whipped cream lebih ke minyak nabati, kemudian susu,” kata Linda dalam peluncuran produk RichCreme Whip Creme Powder secara virtual, Kamis (16/12).

2. Tekstur

Sebagaimana dilansir Our Everyday Life, buttercream memiliki tekstur yang lembut dan creamy sehingga mudah diaplikasikan pada cake sebagai lapisan ‘selimut’. Rasanya manis dan ‘buttery’ sehingga perlu tambahan perasa seperti cokelat atau buah-buahan.

Sedangkan whipped cream teksturnya halus. Agak sulit menjadikan whipped cream sebagai pelapis cake atau kue sebab ada campuran udaranya.

Whipped cream umumnya bisa ‘melempem’ saat diletakkan di suhu ruang, tidak seperti buttercream yang lebih ‘kaku’ dan tahan di suhu ruang.

3. Penggunaan

Linda berkata buttercream sangat umum digunakan untuk dekorasi wedding cake maupun birthday cake sebab teksturnya yang cukup kaku dan bisa bertahan lama. Untuk cupcakes dan kukis pun bisa.

Anda cukup menggunakan piping bag biasa atau piping bag dengan ujung bertekstur sehingga detail dekorasi akan lebih terlihat.

Whipped cream tidak akan setangguh buttercream jika digunakan untuk dekorasi wedding cake dan birthday cake. Whipped cream lebih sering sebagai lapisan saja, bukan dekorasi luar.

4. Penyimpanan

Buttercream bisa bertahan setidaknya 2 minggu di dalam wadah tertutup dan diletakkan di kulkas. Jika sudah diaplikasikan pada cake, buttercake bisa bertahan dalam suhu ruang tetapi harus segera disantap maksimal 3 hari.

Berbeda dengan whipped cream, ia hanya bisa bertahan di suhu dingin kulkas selama maksimal 2 hari. Jika sudah diaplikasikan pada cake, cake harus disimpan dalam kulkas dan dikonsumsi dalam 2 hari.

(els/agn)

[Gambas:Video ]




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *