Beda Gaya Jokowi dan Prabowo Seleksi Calon Menteri




Jakarta, Indonesia

Ada perbedaan dalam menyiapkan calon menteri di antara Presiden Jokowi dengan Presiden terpilih Prabowo Subianto.

Jokowi cenderung tertutup di periode pertama, sedangkan Prabowo langsung memamerkan para calon menterinya bagaikan audisi.

Saat dilantik 20 Oktober 2014, Jokowi belum mempunyai kabinet. Akan tetapi, ia telah menyeleksi calon-calon menteri melalui tim transisi yang dipimpin Rini Soemarno.


ADVERTISEMENT


SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Setelah dilantik, ternyata Jokowi diam-diam memanggil para calon menteri ke Istana Kepresidenan Jakarta. Hal itu baru diketahui publik sehari setelahnya.

“Tadi malam kita panggil semuanya sampai jam tiga malam. Kamu enggak di sini kenapa hayo?” ucap Jokowi kepada wartawan di Istana Merdeka, Jakarta, Selasa, 21 Oktober 2014.

Dia baru memperkenalkan 34 calon menteri pada Minggu, 26 Oktober 2014. Jokowi sekaligus memperkenalkan nama kabinetnya, yaitu Kabinet Kerja.

Kala itu, para calon menteri hadir di halaman belakang Istana Merdeka. Mereka memakai kemeja putih, celana panjang hitam, dan sepatu hitam.

Pada periode kedua, Jokowi juga dilantik tanpa calon menteri. Namun, ia menerapkan pendekatan berbeda setelah dilantik.

Jokowi memanggil para calon menteri ke Istana Kepresidenan Jakarta pada 21 dan 22 Oktober 2019. Kala itu, wartawan istana kepresidenan bisa melihat siapa saja sosok yang akan menjabat di kabinet Jokowi periode kedua.

Jokowi memanggil 23 nama calon menteri di hari pertama dan 11 calon menteri di hari kedua. Mereka langsung dilantik pada 23 Oktober 2019.

Pada dua periode pemerintahannya, Jokowi langsung mengajak para menterinya rapat kabinet usai dilantik. Mereka juga langsung diminta bekerja usai pelantikan.

Sementara itu, Prabowo menyiapkan kabinet sebelum pelantikan. Dia memanggil para calon menteri, wakil menteri, dan kepala lembaga pada 14 dan 15 Oktober 2024.

Selain itu, Prabowo memilih rumahnya di Jalan Kertanegara IV, Jakarta Selatan sebagai lokasi “audisi menteri”. Setiap tokoh yang akan menghadap Prabowo harus melewati barisan wartawan.

Para calon menteri tersenyum dan melambaikan tangan ke kamera saat datang. Sebagian dari mereka memberi keterangan pers usai bertemu Prabowo. Sebagian lainnya bergegas meninggalkan lokasi tanpa sepatah kata pun.

Setelah seleksi menteri di hari pertama, Prabowo pun menyapa wartawan. Dia menyatakan semua calon anggota kabinet siap.

“Alhamdulillah semuanya menyatakan sanggup. Saya memberi beberapa penekanan kira-kira arah kebijakan kita,” ujar Prabowo.

Setelah audisi menteri selama dua hari, Prabowo menggelar pembekalan bagi calon anggota kabinet. Pembekalan digelar di rumahnya di Hambalang, Kabupaten Bogor, hari ini.

(dhf/gil)

[Gambas:Video ]




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *