Belum Dapat Izin, Menperin Sebut iPhone 16 Masih Ilegal di Indonesia




Jakarta, Indonesia

Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita masih belum memberikan lampu hijau untuk peluncuran iPhone 16 di Indonesia.

Agus menjelaskan pemerintah belum memberi izin untuk perilisan iPhone 16 di Tanah Air. Menurutnya hal ini dikarenakan Apple belum memenuhi kewajiban investasi mereka.


ADVERTISEMENT


SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

“Kami Kemenperin belum bisa buka izin untuk iPhone 16 karena masih ada komitmen yang harus direalisasikan oleh pihak Apple,” kata Agus di Kantor Kemenperin, Selasa (22/10), melansir CNBC Indonesia.

Menurutnya, Apple baru merealisasikan investasi sebesar Rp1,48 triliun, tapi masih ada selisih Rp240 miliar dari komitmen total yang ditetapkan sebesar Rp1,71 triliun.

Hal ini membuat Kemenperin tidak dapat merilis International Mobile Equipment Identity (IMEI) untuk perangkat tersebut.
Angka tersebut dianggap rendah jika dibandingkan dengan produk yang mereka pasarkan di Indonesia, menurut Agus.

Politikus Partai Golkar itu menegaskan jika ada iPhone 16 yang dijual di Indonesia saat ini ilegal.

“Kalau ada iPhone 16 yang bisa beroperasi di Indonesia artinya itu boleh saya sampaikan ilegal, laporkan ke kami,” kata Agus.

“Karena kami belum keluarkan izin, bahwa mereka masih harus merealisasikan komitmen yang sudah mereka sepakati antara kami dengan mereka, pasti ilegal pasti, IMEI enggak keluar dari Kemenperin,” tuturnya menambahkan.

Di sisi lain, masa berlaku sertifikasi Tingkat Komponen Dalam Negeri (TKDN) Apple telah habis dan belum diperpanjang. Pemerintah masih menunggu Apple untuk melaksanakan sisa investasi yang diperlukan agar sertifikasi tersebut dapat diperbaharui.

Namun begitu, iPhone 16Series mulai menunjukkan ‘hilal’ akan segera muncul di Indonesia. Kehadiran ponsel flagshipApple ini di Tanah Air sebelumnya menjadi tanya karena tak kunjung terlihat.

Pantauan Indonesia.com pada Selasa (22/10), salah satu reseller iPhone di Indonesia, iBox, telah menampilkan banner promosi iPhone 16 Series di website mereka.

Sayangnya, pihak Erajaya, yang menaungi iBox, belum bisa memberikan informasi pasti terkait kapan iPhone 16 Series akan masuk resmi ke Indonesia.

Banner promosi iPhone 16 tak hanya ditampilkan iBox, tetapi juga reseller iPhone lain Digimap.

Sebelumnya, Apple telah buka suara soal nasib iPhone 16 Series di Indonesia usai ramai kabar ketidakjelasan perilisan ponsel teranyar mereka di Tanah Air.

“Kami memiliki komitmen yang besar terhadap Indonesia dan sangat antusias untuk segera menghadirkan produk-produk terbaru kami, termasuk rangkaian iPhone 16, kepada para pelanggan,” ujar pihak Apple kepada Indonesia.com beberapa waktu lalu.

Dalam pernyataannya, Apple juga menyinggung soal investasi yang mereka tanam untuk mendukung berbagai pihak di Indonesia.

[Gambas:Video ]

(wnu/dmi)

[Gambas:Video ]




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *