Belum Tentukan Mitra Kerja Komisi, DPR Tunggu Pengumuman Kabinet




Jakarta, Indonesia

Wakil Ketua DPR Sufmi Dasco Ahmad menyatakan DPR masih menunggu pengumuman kabinet pemerintahan Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka. Hal ini bertalian dengan penentuan mitra kerja komisi yang ada di DPR periode 2024-2029.

“Kami menunggu kementerian diumumkan terlebih dahulu, baru kami akan mengumumkan mitra-mitra dari masing-masing komisi yang tadi sudah di-Bamus-kan,” kata Dasco di Kompleks Parlemen, Jakarta, Senin (14/10).

Sejauh ini, fraksi partai di DPR baru menyepakati jumlah komisi. Kini, komisi di DPR bertambah dua, sehingga totalnya ada 13.


ADVERTISEMENT


SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Maka, kata Dasco, rapat paripurna DPR mendatang hanya mengumumkan jumlah komisi tanpa susunan mitra kerja.

“Hanya jumlah komisi yang dibentuk dan badan yang dibentuk,” ujar dia.

Terpisah, Ketua DPR Puan Maharani menyatakan seluruh fraksi partai di DPR telah menyepakati jumlah komisi di DPR jadi 13. Kesepakatan itu diputuskan dalam rapat pimpinan dan rapat konsultasi DPR.

Politisi PDIP itu menuturkan seluruh fraksi juga telah menetapkan siapa saja yang akan memimpin komisi-komisi di DPR secara proporsional.

Puan berharap penambahan dua komisi ini bisa menyesuaikan dengan rencana pemerintahan Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka.

“Sehingga memang ada keselarasan dan sinergi antara legislatif dan eksekutif,” ucap dia.

Puan mengatakan mitra kerja komisi I hingga XI DPR masih sama seperti periode DPR sebelumnya. Sementara mitra kerja Komisi XII dan Komisi XIII akan disesuaikan dengan nomenklatur kementerian yang dibentuk Prabowo-Gibran.

“Komisi XII dan XIII-nya nanti akan menyesuaikan seperti apa kementerian yang akan diumumkan oleh pemerintah yang akan datang,” tuturnya.

Pada saat yang sama, Puan juga memastikan ada penambahan alat kelengkapan dewan (AKD) baru di DPR bernama ‘Badan Aspirasinya Masyarakat’. Tugas badan ini nantinya menampung aspirasi masyarakat.

(mab/tsa)

[Gambas:Video ]




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *