Bentrok Ormas di Karawang, 7 Orang Ditangkap



Jakarta, Indonesia —

Polisi menangkap tujuh orang yang diduga terlibat dalam kericuhan dan bentrok antara ormas (ormas) Gerakan Masyarakat Bawah Indonesia (GMBI) dan LSM NKRI di Jalan Interchange, Karawang Barat pada Rabu (24/11) siang.

“Polres Karawang sudah mengamankan tujuh orang yang diduga terlibat kasus kemarin,” kata Kasi Humas Polres Karawang, Ipda Richie saat dikonfirmasi, Kamis (25/11).

Namun demikian, Ia belum dapat merinci identitas ataupun latar belakang Ormas dari pihak-pihak yang diamankan oleh kepolisian tersebut. Ia menyebutkan bahwa tujuh orang tersebut masih diperiksa secara intensif oleh penyidik hingga saat ini.

“Dari unsur ormas atau bukannya masih dalam tahap pemeriksaan, nanti ada informasi lebih lanjut,” tambahnya.

Bentrok dua kelompok Ormas itu menyebabkan satu orang meninggal dunia. Korban meninggal saat mendapat perawatan di Mandaya Hospital, Rabu (24/11) malam. Korban meninggal dunia itu bernama Achmad Sudir yang berasal dari Kabupaten Rembang, Jawa Tengah.

Richie menyebutkan, bentrok itu bermula saat ada unjuk rasa penyampaian aspirasi ke PT Ichi Karawang yang dilakukan oleh GMBI. Semula, demonstrasi tersebut dapat diamankan oleh polisi, tapi kericuhan tak terbendung beberapa waktu kemudian.

Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Kabupaten Karawang menduga bahwa peristiwa itu dipicu oleh perebutan limbah perusahaan. Namun, belum diketahui secara resmi hasil penyelidikan kepolisian terkait peristiwa yang sempat mengakibatkan kerusuhan di sekitar tempat kejadian perkara itu.

“Di Karawang, yang namanya bentrokan kelompok masyarakat biasanya terkait dengan rebutan limbah ekonomis. Itu sudah jadi rencana aksi Pemkab Karawang dalam penanganan konflik,” kata Kepala Kesbangpol setempat Sujana Ruswana, di Karawang, dikutip Antara, Kamis (25/11).

(mjo/ugo)

[Gambas:Video ]




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *