Beredar Usulan 9 Nama Kiai Sepuh NU Calon Anggota Ahwa, Panitia Bantah



Bandar Lampung, Indonesia —

Beredar di media sosial usulan sembilan nama kiai sepuh Nahdlatul Ulama (NU) calon anggota Ahlul Halli Wal Aqdi atau tim pemilih Rais Aam PBNU di Muktamar ke-34 Lampung.

Nama-nama itu diklaim diusulkan pihak yang mengatasnamakan Pengurus Wilayah NU dan Pengurus Cabang NU.

Sembilan kiai sepuh yang namanya beredar itu adalah Mustofa Bisri, Ma’ruf Amin, Miftachul Akhyar, TG. Turmudzi Badruddin, Dimyati Rais. Lalu terdapat nama Anwar Mansur, Nurul Huda Jazuli, Ali Akbar Marbun, dan Zainal Abidin.

Diketahui, dalam Anggaran Dasar dan Anggaran Rumah Tangga (AD/ART) NU, jabatan Rais Aam PBNU dipilih secara langsung melalui musyawarah mufakat dengan sistem Ahlul Halli wal ‘Aqdi atau Ahwa. Metode Ahwa ini diisi oleh sembilan orang ulama yang ditetapkan secara langsung dalam forum muktamar.

Terpisah, Ketua Panitia Muktamar ke-34 NU, Imam Aziz menampik kabar yang menyebutkan sembilan nama kiai sepuh itu merupakan calon anggota Ahwa. Ia menegaskan bahwa nama-nama Kiai anggota Ahwa akan dipilih oleh para utusan di gelaran Muktamar NU nantinya.

“Jadi belum tahu siapa-siapa yang dipilih. Kita baru tahu nanti pada sidang penetapan Ahlul Halli Wal Aqdi,” kata Imam kepada Indonesia.com, Selasa (21/12).

Muktamar NU ke-34 baru akan digelar mulai Rabu esok, 22 Desember sampai 23 Desember 2021 di Provinsi Lampung.

Salah satu agenda yang paling dinantikan di Muktamar NU adalah suksesi Ketum PBNU. Belakangan ini, terdapat dua kandidat kuat calon Ketum PBNU berikutnya. Mereka adalah Ketum petahana, Said Aqil Siraj dan Katib Aam PBNU Yahya Cholil Staquf.

(rzr/kid)

[Gambas:Video ]




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *