Berubah Total, Begini Cara Baru Simpan Kontak di WhatsApp




Jakarta, Indonesia

WhatsApp mengumumkan perubahan dalam cara penyimpanan kontak. Lewat fitur baru WhatsApp, pengguna dapat menyimpan kontak langsung di dalam aplikasi.

Fitur baru ini diklaim dapat memudahkan pengguna ketika kehilangan ponsel atau menautkan link ke perangkat baru.


ADVERTISEMENT


SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Selama ini, daftar kontak di WhatsApp sangat bergantung pada sistem sinkronisasi dengan kontak yang tersimpan pada ponsel atau cloud storage.

“Hingga saat ini, satu-satunya tempat Anda dapat menambahkan kontak adalah dari ponsel, baik dengan mengetikkan nomor telepon atau memindai kode QR,” kata WhatsApp dalam keterangan resminya, Rabu (23/10).

“Tidak lama lagi, Anda akan dapat menambahkan dan mengelola kontak langsung dari keyboard di WhatsApp Web dan Windows-dan pada akhirnya perangkat yang ditautkan lainnya,” lanjut perusahaan.

Selain itu, WhatsApp juga mengenalkan opsi menyimpan kontak secara ekslusif di aplikasi, sehingga pengguna tak perlu menambah kontak baru di perangkat.

Menurut perusahaan fitur ini akan sangat ideal bagi pengguna ingin memisahkan kontak bisnis dan pribadi, terutama bagi mereka yang mengelola WhatsApp lebih dari satu akun dalam satu perangkat.

“Pembaruan ini juga akan memudahkan untuk mengelola dan menyimpan kontak berdasarkan nama pengguna. Nama pengguna di WhatsApp akan menambahkan lapisan privasi ekstra sehingga Anda tidak perlu membagikan nomor ponsel Anda ketika mengirimkan pesan kepada seseorang,” jelas WhatsApp.

Perusahaan telah mengembangkan sistem penyimpanan terenkripsi yang disebut Identity Proof Linked Storage (IPLS) yang bakal mengamankan penyimpanan kontak.

IPLS memungkinkan pengguna untuk menyimpan kontak dan memulihkannya secara otomatis. Dengan IPLS, pengguna dapat membuat kontak secara langsung di dalam WhatsApp dan memilih untuk menyinkronkan kontak tersebut ke ponsel atau menyimpannya secara aman hanya di WhatsApp.

Nama kontak disimpan secara terenkripsi di dalam WhatsApp. Perusahaan membangunnya dengan perlindungan tambahan yang kuat dengan menggunakan IPLS untuk mencegah akses ke kontak kepada siapa pun kecuali pengguna.

(tim/dmi)

[Gambas:Video ]




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *