Betlehem Berharap Turis Kembali Datang Jelang Natal Tahun Ini



Jakarta, Indonesia —

Rombongan turis terkadang menyesaki situs bersejarah dan tempat penginapan, tetapi warga Palestina di Betlehem berharap jumlah wisatawan akan meningkat menjelang perayaan Natal.

Tempat kelahiran Yesus ini menutup gerbang pariwisatanya akibat pandemi pada tahun lalu, mengganggu perputaran roda perekonomian yang bergantung pada pariwisata.

Tetapi tahun ini Israel telah melonggarkan pembatasan pada wisataan mancanegara menjelang Natal, meskipun semua orang tetap waspada terhadap gelombang virus corona di musim dingin.

Meski bersyukur atas kembalinya beberapa turis mancanegara dan warga Kristen Palestina dari Tepi Barat dan Israel, jumlah mereka jauh dari total 3,5 juta pengunjung yang datang pada musim dingin 2019, tepat sebelum pandemi.

“Tentu saja jumlahnya sangat sedikit, tetapi sebagai permulaan, saya pikir itu bagus,” kata Menteri Pariwisata Palestina Rula Maayah kepada REUTERS.

“Semoga beberapa ratus wisatawan mancanegara akan segera menjadi beberapa ribu turis.”

Jumlah turis yang berkurang setidaknya memberi pengalaman wisata yang lebih “menyenangkan” bagi pelancong yang telah ada di sana.

Salah satu dari hanya tiga turis yang berdiri di Manger Square yang sepi pada 17 November, peziarah Denmark Trina Dybkjaer, mengatakan momen ini sangatlah ideal.

Artikel ini masih berlanjut ke halaman berikutnya…

Betlehem Berharap Turis Kembali Datang Jelang Natal Tahun Ini


BACA HALAMAN BERIKUTNYA



Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *