Budi Gunawan Tak Dapat Diasosiasikan Kader PDIP




Jakarta, Indonesia

Ketua DPP PDIP Deddy Yevry Sitorus mengatakan Kepala Badan Intelijen Negara (BIN) Budi Gunawan tidak serta merta mewakili partainya bergabung di kabinet Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming.

Deddy menegaskan Budi Gunawan alias BG bukan kader PDIP. Menurutnya, BG merupakan pensiunan jenderal Polri.


ADVERTISEMENT


SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

“Sehingga tidak serta merta dapat diasosiasikan sebagai kader PDI Perjuangan,” kata Deddy saat dihubungi, Kamis (17/10).

Deddy mengakui BG memiliki kedekatan dengan PDIP secara historis dan psikologis. Sebab, yang bersangkutan pernah menjadi ajudan Megawati Soekarnoputri saat menjadi Presiden.

Namun di sisi lain, Deddy berkata bahwa BG juga memiliki hubungan baik dengan Prabowo. Menurut Deddy, BG punya peran penting saat Prabowo bergabung dalam kabinet Presiden Joko Widodo periode kedua.

Selain itu, kata Deddy, BG selama dua periode menjabat Kepala BIN juga berprestasi mengawal pemerintahan Jokowi melewati masa-masa sulit.

“Bahwa Pak BG berperan besar dalam memfasilitasi masuknya Pak Prabowo dalam Kabinet Jokowi,” katanya.

Lebih lanjut, kata Deddy, PDIP memandang kekuasaan harus sepenuhnya ditujukan bagi kepentingan negara dan rakyat, bahkan di atas pribadi dan golongan.

“Oleh karena itu PDIP tidak pernah berpikir memanipulasi atau mengkapitalisasi kekuasaan demi elektoral,” katanya.

“Penolakan PDI Perjuangan terhadap upaya perpanjangan kekuasaan presiden adalah keteguhan konstitusional, meski membawa resiko berkurangnya suara Partai,” imbuh Deddy.

Kehadiran BG dalam pembekalan para calon menteri Prabowo di Hambalang sebelumnya disebut-sebut mewakili PDIP di kabinet mendatang. Nama BG sebagai representasi PDIP bersamaan dengan nama Azwar Anas dan Olly Dondokambey.

Namun, dua nama terakhir hingga proses pembekalan tak muncul. Belum diketahui posisi yang akan dijabat BG pada kabinet mendatang, setelah jabatannya sebagai Kepala BIN resmi akan diganti oleh Muhammad Herindra.

(thr/fra)

[Gambas:Video ]




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *