Bukit Pergasingan, Spot Menatap Rinjani Minim Pendakian



Jakarta, Indonesia —

Lombok, Nusa Tenggara Barat memang punya segudang tempat menawan bagi wisatawan. Dari mulai pantai berpasir putih dengan pegunungan alam yang terbentang hijau, hingga santapan kuliner yang menggugah selera.

Salah satu tempat wisata yang tak bisa dilewatkan adalah Bukit Pergasingan. Saat datang ke Lombok, rasanya juga kurang afdol jika tak berkunjung ke bukti yang berada di daerah Sembalun ini. Pemandangan alamnya memukau, terhampar luas dan nampak indah dilihat dari atas Bukit Pergasingan.

Untuk menuju ke sana, memang dibutuhkan waktu yang cukup lama. Dari pusat Kota Mataram saja diperlukan waktu sekitar 4 sampai 5 jam perjalanan dengan menggunakan motor atau mobil.

Jika tak menggunakan kendaraan pribadi, Bukti Pergasingan bisa diakses dengan angkutan umum. Dari Kota Mataram bisa menuju Sembalun dengan menggunakan angkot jurusan Terminal Mandalika.

Dari Terminal Mandalika perjalanan bisa dilanjutkan dengan menaiki elf menuju Pasar Aikmel dan berganti menaiki mobil bak terbuka menuju Sembalun. Waktu tempuh dari Mataram ke Sembalun sekitar 4-5 Jam.

Dari sini, pendakian ke Bukit Pergasingan dimulai, ada sekitar 70 anak tangga yang harus dilalui untuk mencapai spot foto atau pemandangan Rinjani pertama.

Perjalanan panjang itu terbayar saat tiba di lokasi, sebab panorama yang disajikan benar-benar memuaskan mata. Dari atas bukit, terlihat petak sawah, dan hijaunya kebun yang cukup memukau dan dikelilingi pegunungan serta langit biru yang membuatnya semakin sempurna.

Bukit ini berada di ketinggian 1.630 meter dari permukaan laut. Tiket masuknya tergolong murah, cukup merogoh kocek Rp 10 ribu per orang.

Tak sedikit orang yang hendak mendaki Gunung Rinjani berlatih pendakian dulu di Bukit Pergasingan. Bukit ini memang berdiri dan berhadapan langsung dengan salah satu gunung tertinggi di Indonesia itu.

(tst/mik)

[Gambas:Video ]




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *