Cara Agar Tak Tergoda Alkohol saat Sedang Kumpul Bersama



Jakarta, Indonesia —

Akhir tahun biasanya diisi dengan banyak berkumpul bersama teman dan keluarga. Mulai dari merayakan Natal, year end dinner, hingga merayakan tahun baru. Alkohol sering kali jadi pilihan minuman saat sedang berkumpul.

Namun, jika tak ingin mengonsumsi alkohol, Anda bisa melakukan sejumlah cara berikut ini. Cara-cara ini bisa membuat Anda tak tergoda dengan alkohol dan tetap bisa menikmati waktu berkumpul bersama.

Membatasi diri dari alkohol atau tidak minum alkohol sama sekali bermanfaat untuk kesehatan. Konsumsi alkohol dikaitkan dengan penyakit kronis seperti tekanan darah tinggi, penyakit jantung, stroke, penyakit liver, dan kanker.

Berikut cara agar tergoda alkohol saat sedang kumpul bersama:

1. Bawa air minum sendiri

Tak ada jaminan, acara yang akan Anda kunjungi memiliki minuman non-alkohol. Jika demikian, sebaiknya bawa air minum sendiri dari rumah. Isi botol minum Anda dengan air putih atau soda untuk menemani Anda berkumpul bersama. Anda juga bisa meracik mocktail sendiri tanpa alkohol.

2. Berani bilang tidak

Sering kali godaan datang dari orang lain yang menawarkan Anda alkohol. Jika begitu, Anda harus berani untuk mengatakan tidak pada tawaran tersebut.

National Institute on Alcohol Abuse and Alcoholism, Amerika Serikat merekomendasikan tiga langkah untuk menolak tawaran alkohol dari orang lain.

  • Jangan ragu, jika tidak orang akan terus membujuk Anda.
  • Bersikap langsung dan lakukan kontak mata.
  • Bicara dengan singkat saat menolak.

3. Jauhi godaan

Jauhi godaan yang muncul saat sedang berkumpul bersama. Ingat kembali godaan Anda untuk tidak minum alkohol.

“Anda harus tetap berkomitmen pada rencana yang Anda buat sebelum emosional Anda muncul di panggung dan bersenang-senang,” kata terapi Heidi Taugher, dikutip dari SCMP.

4. Bawa teman yang tidak minum alkohol

Jangan ragu untuk bawa teman atau kekasih yang tidak minum alkohol menemani Anda berkumpul bersama. Ajak teman mengobrol agar Anda tak tergoda alkohol.

Itulah sejumlah cara agar tak tergoda alkohol yang bisa Anda lakukan.

(ptj)

[Gambas:Video ]




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *