Cara Atasi Notifikasi Telat di iPhone



Jakarta, Indonesia —

Masalah Push Notification yang telat pada iPhone selama beberapa menit bahkan beberapa jam bisa terjadi akibat sejumlah sebab.

Umumnya penyebab dari keterlambatan notifikasi adalah perangkat yang digunakan sinyal internet yang tidak stabil, sehingga notifikasi tidak muncul hingga perangkat memiliki koneksi yang stabil.

Notifikasi pada ponsel melibatkan pengiriman dan penerimaan sinyal ke server pesan, seperti Firebase Cloud Messaging (FCM) untuk Google, Apple Push Notification service (APNS) untuk Apple, dan Windows Push Notification Services (WNS) untuk Google.

Dilansir dari Onesignal, Onesignal melakukan pengujian dengan mengirimkan push ke server Google dan server Apple. Hasil dari pengujian tersebut mencatatkan push sampai di server dalam waktu 0,33 detik. Sehingga jika perangkat tidak menerima push secara langsung, maka kemungkinan ada masalah di server (yang sangat jarang terjadi) atau koneksi internet perangkat tidak stabil. 

Koneksi Router

Kemudian koneksi router wifi rumahan ataupun komersil juga berpotensi menutup koneksi ke server Google FCM. Lalu beberapa saat kemudian koneksi tersebut dapat terbuka kembali dengan ditandai masuknya notifikasi.

Untuk mengatasi masalah tersebut, pengguna bisa mengganti koneksi ke mobile data agar koneksi lebih stabil.

Pembatasan data background

Selain itu, pembatasan penggunaan data background juga dapat menjadi penyebab notifikasi delay. Fitur pembatasan data background bisa diaktifkan melalui Advanced Settings, atau ketika mode prioritas diaktifkan. Sehingga jika masalah notifikasi delay berasal dari sini, pengguna bisa mematikan fitur tersebut.

Mode Low Power

Mode Low Power juga merupakan salah satu satu penyebab notifikasi delay. Fitur ini memungkinkan ponsel mengonsumsi daya minimal pada penggunaan.

Namun fitur penghematan baterai ini juga mengorbankan fungsi yang berdampak pada delaynya notifikasi, bahkan pada fitur ini pengguna juga dapat mematikan notifikasi secara total.

Jika pengguna mengalami delay notifikasi karena fitur ini, pengguna bisa mematikannya pada bagian Settings>Battery>Low Power Mode.

Pesan dengan gambar

Pengiriman pesan yang disertai gambar dapat memberi beban yang lebih besar pada fitur notifikasi. Beban tersebut bahkan dapat menjadikan beberapa pesan mengalami delay.

Untuk mengatasi hal tersebut pengguna hanya perlu menghindari penggunaan gambar saat berkirim pesan.

[Gambas:Video ]

Perbarui aplikasi dan iOS

Dilansir dari Tenorshare, notifikasi delay bisa juga disebabkan oleh aplikasi atau iOS versi lama. Sehingga untuk mengatasi masalah tersebut pengguna perlu melakukan pembaruan pada aplikasi atau iOS.

Reset Network Settings

Pengguna juga bisa melakukan reset pada pengaturan network jika tidak bisa menemukan penyebab pasti pada delaynya notifikasi.

Untuk melakukan reset network pengguna bisa membuka bagian Settings>General>Reset.

Kemudian pada opsi Reset, pengguna tinggal klik pada Reset Network Settings.

Reset Factory

Jika solusi sebelumnya tidak membuahkan hasil, pengguna bisa menjadikan Reset Factory sebagai opsi untuk mengatasi masalah notifikasi delay.

Namun perlu dicatat, proses ini akan menghilangkan seluruh data yang ada di ponsel, sehingga pengguna baiknya melakukan backup terlebih dahulu sebelum melakukan reset.

Pengguna bisa melakukan Reset Factory pada bagian Settings>General>Reset>Erase All Content and Settings.

(lnn/eks)

[Gambas:Video ]




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *