Cara Deteksi Dini dan Diagnosis Kanker Prostat



Jakarta, Indonesia —

Kabar baik datang dari Presiden keenam RI Susilo Bambang Yudhoyono (SBY). Setelah melalui serangkaian proses medis dan operasi kanker prostat di Amerika Serikat, ia dikabarkan sudah sembuh dan akan segera pulang ke Indonesia.

“Iya [SBY pulang ke Indonesia dalam waktu dekat],” kata Herzaky Mahendra Putra, Kepala Badan Komunikasi Strategis Partai Demokrat, melalui pesan singkat pada Indonesia.com, Kamis (16/12).

Pengalaman SBY dan kanker prostat sontak mengingatkan kaum Adam akan pentingnya memperhatikan kondisi tubuh, terutama organ reproduksi.

Menurut Dokter spesialis bedah urologi di RS Pondok Indah, Hery Tiera kanker prostat merupakan salah satu kanker yang paling banyak dialami pria. Selain SBY, sederet tokoh terkenal lain juga mengalami kanker prostat seperti, aktor Ben Stiller, aktor Robert de Niro, dan PM Singapura Lee Hsien Loong.

“[Dari sekian banyak kasus ini] benang merahnya, jika terdiagnosis [lebih awal, ditangani dengan tepat] pasien tetap bisa melakukan aktivitas dengan baik, kualitas hidupnya baik,” kata Hery dalam konferensi pers bersama RS Pondok Indah Group, Jumat (17/12).

Prostat adalah organ yang hanya dimiliki laki-laki dan terletak di bawah kandung kemih. Organ yang berukuran sebesar kastanye ini berfungsi memproduksi air mani (semen) yang melakukan proteksi pada sperma. Otot polos pada prostat membantu transportasi air mani saat ejakulasi.

Ukurannya memang mini, tetapi secara alami prostat mengalami pembesaran seiring berjalannya usia. Namun karena beberapa faktor risiko, pembesaran ini bisa menimbulkan masalah atau ada keganasan, kemudian berisiko menjadi kanker.

“Faktor risiko kanker prostat antara lain, usia lebih dari 50 tahun, ras atau etnik tertentu, penduduk daerah tertentu, riwayat keluarga dengan kanker prostat (risiko kanker bisa 2 kali lipat lebih tinggi dari yang tanpa riwayat), genetik (ada anggota keluarga yang mengalami mutasi genetik) dan diet, disebut diet tertentu seperti diet tinggi produk susu dan kalsium [jadi salah satu faktor risiko],” kata Hery.

Simak cara deteksi dini dan diagnosis kanker prostat di halaman berikut.

Bagaimana cara deteksi dini kanker prostat?


BACA HALAMAN BERIKUTNYA



Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *