Cara Mengatasi WhatsApp Tidak Bisa Kirim Foto



Daftar Isi



Jakarta, Indonesia

Cara mengatasi WhatsApp tidak bisa kirim foto ternyata mudah dilakukan. Simak langkah-langkahnya di bawah ini.

Pengguna WhatsApp mungkin pernah mengalami kendala saat mengirim foto atau mengunduhnya. Meski begitu, ada beberapa cara mudah untuk mengatasi masalah ini.


ADVERTISEMENT


SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Beberapa faktor umum yang menyebabkan WhatsApp gagal mengirim gambar antara lain adalah sinyal internet yang lemah, ruang penyimpanan penuh, atau aplikasi WA sedang mengalami gangguan.

Merangkum dari berbagai sumber, berikut delapan cara mengatasi WhatsApp tidak bisa kirim foto:

1. Cek koneksi internet

Menurut informasi dari situs resmi WhatsApp, masalah dalam mengirim foto, video, atau pesan suara seringkali disebabkan oleh sinyal internet yang tidak stabil. Untuk mengatasinya coba perbaiki sinyal dengan mengaktifkan mode pesawat sementara lalu matikan kembali dan nyalakan data seluler atau WiFi.

2. Temukan lokasi dengan sinyal kuat

Sinyal internet akan terganggu jika Anda berada di lokasi dengan sinyal buruk seperti di basement atau area tertutup lain. Maka cobalah untuk pindah ke tempat atau area yang lebih terbuka atau lebih tinggi. Ini bisa membantu memperbaiki koneksi internet sehingga proses pengiriman foto bisa berjalan lancar.

3. Periksa pengaturan tanggal dan waktu

Pengaturan tanggal dan waktu yang salah pada ponsel juga dapat menyebabkan masalah dalam mengirim atau mengunduh foto di WhatsApp. Pastikan pengaturan waktu di ponsel sesuai dengan waktu yang sebenarnya dengan mengecek menu “Tanggal dan Waktu” di pengaturan ponsel.

4. Pastikan izin akses aplikasi

Jika WhatsApp tidak memiliki izin untuk mengakses penyimpanan ponsel maka pengiriman foto bisa terhambat. Pastikan aplikasi memiliki izin yang diperlukan dengan membuka menu “Aplikasi” di pengaturan lalu pilih WhatsApp dan aktifkan izin untuk penyimpanan, kamera, dan lainnya.

5. Cek kapasitas penyimpanan ponsel

Ruang penyimpanan yang penuh bisa menghambat proses pengiriman atau pengunduhan foto di WhatsApp. Jika ini terjadi, anda perlu menghapus beberapa file yang tidak diperlukan untuk membuat ruang lebih banyak di memori ponsel atau SD Card.

6. Bersihkan cache WhatsApp

Cache yang menumpuk di aplikasi WhatsApp dapat mengganggu performa pengiriman foto. Anda bisa membersihkan cache melalui pengaturan ponsel. Pertama masuk ke bagian “Pemeliharaan Perangkat” lalu kedua pilih opsi untuk mengoptimalkan atau membersihkan cache yang ada.

7. Perbarui aplikasi WhatsApp

Jika anda menggunakan WhatsApp versi lama, beberapa fitur mungkin tidak berfungsi dengan baik termasuk pengiriman foto. Pastikan untuk selalu memperbarui aplikasi melalui PlayStore atau App Store agar mendapatkan versi terbaru.

8. Install ulang aplikasi

Jika semua tidak membuahkan hasil, maka solusi terakhir adalah dengan menghapus WhatsApp dan memasangnya kembali. Caranya adalah dengan menghapus aplikasi dari ponsel kemudian ulang dari Play Store atau App Store.

(wnu/dmi)

[Gambas:Video ]




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *