Cara, Syarat, dan Daftar Makanan


Jakarta, Indonesia —

Seiring bertambahnya usia, proses penuaan secara alami pastinya akan terjadi perlahan. Tapi hal ini masih dapat dicegah dengan menerapkan pola diet anti aging atau anti-penuaan.

Dikarenakan fokusnya meminimalisir tanda-tanda penuaan, diet ini lebih mengutamakan pemilihan asupan makanan yang bisa meningkatkan kualitas hidup dan membuat kulit lebih awet muda.

Selain mempersiapkan makanan bernutrisi, diet anti-penuaan juga memperhatikan bagaimana cara Anda mengelola stres dengan baik. Sebab, stres sangat berpengaruh pada kesehatan.

Syarat Diet Anti Aging

Syarat utama dalam menjalani diet ini yaitu memperhatikan kualitas makanan untuk dikonsumsi sehari-hari.

Selanjutnya, makanan harus memenuhi prinsip gizi sehat seimbang yang terdiri dari karbohidrat, protein, serat, vitamin, mineral dan lainnya.

Menjalani diet ini dapat disesuaikan dengan kebutuhan kalori harian atau boleh defisit kalori. Asalkan, jenis makanannya memang benar-benar sehat, bukan olahan, atau junk food.

Makanan Diet Anti Aging




Ilustrasi Salmon teriyakiIlustrasi. Salmon jadi salah satu makanan diet anti aging yang disarankan. (916237/Pixabay)

Dilansir WebMD, diet anti aging sangat mengutamakan sumber makanan terbaik, khususnya yang tinggi antioksidan.

Di bawah ini ada makanan-makanan terbaik sebagai booster anti-aging dan beberapa makanan yang perlu dibatasi atau dihindari karena bisa memicu penuaan.

Makanan yang Dianjurkan

Berikut beberapa makanan yang dianjurkan oleh diet anti-penuaan.

1. Salad romaine

Salad romaine terdiri dari aneka sayuran hijau tinggi vitamin A dan C seperti bayam, wortel, brokoli, selada air dan lainnya.

2. Salmon

Ikan salmon mengandung tinggi asam lemak omega-3 untuk melawan peradangan. Selain salmon, alternatifnya ada ikan tuna yang juga sama bagusnya.

3. Yogurt

Jenis yogurt terbaik untuk melawan penuaan yaitu Bulgarian yoghurt. Yogurt satu ini memiliki bakteri baik yang efektif memelihara kesehatan tubuh secara menyeluruh.

4. Buah beri

Rata-rata buah beri sangat tinggi vitamin C dan antioksidan yang bermanfaat bagi kesehatan kulit serta membantu menangkal radikal bebas.

5. Sayuran hijau

Anda juga disarankan memperbanyak asupan sayuran hijau. Makanan satu ini dipercaya dapat mengurangi garis-garis halus penyebab kerutan pada wajah.

6. Tomat

Menurut American Institute for Cancer Research, tomat mengandung likopen yang bersifat sebagai anti-kanker, khususnya kanker kulit.

Simak penjelasan diet anti aging selengkapnya di halaman berikutnya…

Diet Anti-Aging: Cara, Syarat, dan Daftar Makanan


BACA HALAMAN BERIKUTNYA



Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *