Cara Terbaik agar Olahraga Jadi Kebiasaan Sehat Setiap Hari



Jakarta, Indonesia —

Rasa malas sering kali menggerogoti tubuh saat akan mulai olahraga. Motivasi saja sering kali tak cukup untuk disiplin dan konsisten olahraga setiap hari.

Agar tak lagi malas berolahraga, Anda bisa melakukan sejumlah cara berikut ini. Studi terbaru menemukan cara terbaik agar olahraga jadi kebiasaan setiap hari.

Studi yang dipublikasikan di jurnal Nature ini menganalisis perilaku olahraga pada 60 ribu orang di gym. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui cara terbaik meningkatkan kehadiran di gym.

Alih-alih melihat keberhasilan program latihan, peneliti menguji 53 taktik untuk melihat alasan seseorang rutin berolahraga.

Hasilnya, peneliti menemukan cara terbaik agar olahraga jadi kebiasaan setiap hari adalah perencanaan yang baik, pengingat, dan juga hadiah atau reward yang didapat.

Peneliti mendapati bahwa merencanakan olahraga kan membuat orang lebih mungkin ke gym dibandingkan dengan yang tidak. Begitu pula dengan pengingat berupa pesan teks yang diatur 30 menit sebelum olahraga akan membuat seseorang tergerak ke gym.

Sementara itu, insentif atau reward setiap kali berolahraga sekitar US$0,22 atau Rp3 ribu bisa meningkatkan frekuensi olahraga hingga 9 persen.

“Jelas, jumlah uang itu sepele (kami menyebut hadiah kami ‘insentif mikro’ karena suatu alasan), tetapi itu menarik perhatian untuk menghindari beberapa kunjungan yang terlewatkan,”
kata pemimpin penelitian Katy Milkman kepada .

Pengamat pun menilai bahwa memberi penghargaan saat berolahraga dapat menjadi intervensi yang membuat seseorang rutin berolahraga.

“Intervensi berkinerja terbaik adalah intervensi yang memberi penghargaan kepada peserta untuk kembali ke gym setelah berolahraga. Ini mungkin berarti bahwa (jika) kita gagal dari rencana kita, kita harus mencoba mendorong diri kita sendiri untuk kembali ke rencana kita,” kata profesor ekonomi kesahatan Heather Royer, mengomentari hasil penelitian ini.

(ptj)

[Gambas:Video ]




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *