Catat, 10 Makanan Ini Sebaiknya Tak Disimpan di Kulkas


Daftar Isi



Jakarta, Indonesia

Sudah menjadi kebiasaan banyak orang untuk menyimpan makanan di dalam kulkas. Tapi tunggu dulu, tak semua makanan boleh dimasukkan ke dalam kulkas.

Lantas, apa saja makanan yang tidak boleh dimasukkan ke dalam kulkas?

Berbagai jenis makanan, beragam pula cara penyimpanannya. Ada produk yang baik dikonsumsi langsung, tapi ada juga yang bisa disimpan selama beberapa hari.


ADVERTISEMENT


SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Kulkas jadi sarana menyimpan banyak makanan dan kebutuhan dapur lainnya. Suhu udara yang rendah membuat makanan bisa tetap segar dan bertahan lebih lama.

Namun, nyatanya tidak semua jenis makanan bisa masuk ke dalam kulkas. Mengutip Delish, menyimpan makanan tertentu di dalam kulkas bisa menurunkan kualitas produk.

Makanan yang tidak boleh disimpan di dalam kulkas

Beberapa makanan sebaiknya tidak disimpan di dalam kulkas. Alih-alih disimpan di dalam kulkas, simpan makanan di tempat yang aman dan terpisah dari makanan lain.

Berikut daftar makanan yang tidak boleh dimasukkan ke dalam kulkas, mengutip Reader’s Digest dan laman Martha Stewart.

1. Roti tawar

Roti sebaiknya dimakan sesegera mungkin sebelum tanggal ‘best before‘ yang biasa tertera dalam kemasan. Tapi, banyak orang menyimpan roti di dalam kulkas untuk memperpanjang usia roti.

Padahal, udara dingin yang dihasilkan kulkas membuat roti kehilangan tekstur lembut dan semakin mengering.

Namun, berbeda halnya dengan roti homemade. Anda bisa menyimpan roti di dalam kulkas sebentar saja untuk mencegah pertumbuhan jamur.

2. Cokelat




Chocolate chunks on a stone backgroundIlustrasi. Cokelat, salah satu makanan yang tidak boleh dimasukkan ke dalam kulkas. (Istockphoto/solidcolours)

Cokelat paling enak dikonsumsi saat teksturnya tidak lembek. Tak heran jika kebanyakan dari kita memasukkan cokelat ke dalam kulkas sebelum mengonsumsinya.

Sayangnya, cara ini justru menyebabkan gula di cokelat berpindah ke permukaan.

Perpindahan gula ke permukaan memicu kemunculan bercak-bercak putih tipis di atas cokelat. Namun demikian, cokelat dengan kondisi ini masih aman dimakan.

Alih-alih di dalam kulkas, simpan cokelat di area yang sejuk dan kering. Jauhi cokelat dari paparan langsung sinar matahari dan suhu panas.

3. Bawang putih dan bawang bombay

Bawang putih utuh yang belum dipotong akan menjadi lunak dan bertunas cepat di dalam lemari es.

Sementara bawang bombay akan terpengaruh oleh suhu dingin kulkas. Pati di dalam bawang bombay bisa berubah menjadi gula.

Simpan bawang putih dan bawang bombay di tempat sejuk dan kering.

4. Kentang

Suhu dingin menyebabkan pati kentang menjadi gula. Kentang jadi punya rasa manis dan teksturnya bisa berubah saat dimasak.

Simpan kentang di dalam wadah yang berventilasi seperti kotak kardus dan jauh dari cahaya langsung untuk mencegah tumbuhnya tunas.

5. Biji kopi

Keluarkan kopi dari kulkas sekarang juga. Kelembapan dalam kulkas menyebabkan biji kopi rusak. Artinya, biji kopi sulit menghasilkan rasa segar dan kuat.

Pintu kulkas yang sering dibuka tutup juga bisa menciptakan kondensasi. Hal ini menyebabkan kelembapan melonjak tinggi.

Simpan biji kopi Anda dalam wadah kedap udara di dapur.

6. Selai kacang




Ilustrasi Selai KacangIlustrasi. Selai kacang, salah satu makanan yang tidak boleh dimasukkan ke dalam kulkas. (stevepb/Pixabay)

Selai kacang yang Anda beli di supermarket mungkin mengandung pengemulsi dan pengawet. Kandungan ini dapat meningkatkan kualitas selai kacang di suhu kamar.

Jangan simpan selai kacang yang Anda beli di supermarket untuk menjaga kualitasnya.

Namun, jika selai kacang dibuat secara homemade tanpa pengawet, maka wajib disimpan di dalam kulkas. Selai kacang tanpa pengawet bisa memicu aroma tengik dan menumbuhkan jamur.

7. Madu

Makanan lengket dan manis ini sebaiknya tidak dimasukkan ke dalam kulkas. Suhu dingin menyebabkan madu mengeras dan mengkristal.

Tempat ideal untuk menyimpan madu adalah suhu ruangan.

8. Alpukat

Jangan biarkan alpukat yang sudah matang disimpan di kulkas. Alpukat yang sudah matang sebaiknya langsung dikonsumsi. Atau, Anda bisa menyimpan alpukat pada suhu ruang.

9. Mentimun

Mentimun yang disimpan di dalam kulkas akan mengalami ‘chilling injury‘ atau bintik-bintik, mengerut, dan menguning setelah tiga hari atau lebih.

Jika menginginkan mentimun dingin, maka bungkus terlebih dahulu dengan plastic wrap untuk meminimalisasi kelembapan dan memakannya secepat mungkin.

Suhu kulkas menyebabkan kue ini lembap, menjadi rapuh, dan mempengaruhi rasa.

Simpan cookie dalam wadah tertutup hingga tiga minggu, tergantung jenisnya.

Demikian beberapa makanan yang tidak boleh disimpan di dalam kulkas. Semoga membantu.

(pli/asr)

[Gambas:Video ]




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *