Cerita Indonesia Takluk 1-2 dari Singapura di Semifinal Piala AFF


Jakarta, Indonesia —

Timnas Indonesia vs Singapura di semifinal Piala AFF 2020 (2021) di Stadion Nasional, Rabu (22/12). Sebelum duel itu, Indonesia juga pernah bertemu Singapura di babak yang sama.

Dalam sejarah pagelaran Piala AFF, Timnas Indonesia satu kali bertemu Singapura di semifinal. Pada kesempatan tersebut Indonesia kalah dari Singapura.

Pertemuan Indonesia vs Singapura di Piala AFF terjadi pada edisi 1998, atau tahun kedua dan turnamen dua tahunan ini.

Pada Piala AFF 1998 yang digelar di Vietnam, Indonesia vs Singapura di semifinal. Ketika itu Skuad Garuda ke semifinal sebagai runner up Grup A, sedangkan Singapura juara Grup B.

Dalam pertandingan yang digelar di Stadion Thong Nhat itu Singapura unggul lebih dahulu lewat sundulan Rafi Ali pada menit ke-12 yang memanfaatkan umpan tendangan bebas dari sisi kanan.




Pesepak bola Timnas Indonesia Irfan Jaya (tengah) melakukan selebrasi usai menjebol gawang Timnas Malaysia dalam pertandingan grup B Piala AFF 2020 di National Stadium, Singapura, Minggu (19/12/2021). Indonesia menang dengan skor 4-1 dan lolos ke babak semi final Piala AFF. ANTARA FOTO/Humas PSSI/app/aww.Timnas Indonesia jumpa Singapura di semifinal Piala AFF 2021. (ANTARA FOTO/HUMAS PSSI)

The Lions menambah keunggulan pada menit ke-30 lewat sepakan Nazri Nasir yang mengecoh kiper Kurnia Sandy usai menerima umpan terobosan dan lolos dari perangkap offside Indonesia.

Indonesia sendiri baru bisa mencetak gol balasan empat menit kemudian melalui striker Miro Baldo Bento (34′) usai memanfaatkan kemelut di kotak penalti Singapura.

Tanpa tambahan gol pada babak kedua, Singapura mempertahankan keunggulan 2-1 jadi kemenangan dan lolos ke final menantang tuan rumah Vietnam. Pada laga final tersebut Singapura menang 1-0 lewat gol R Sasikumar.

[Gambas:Video ]

Sementara itu, Timnas Indonesia menempati peringkat ketiga turnamen usai menang 5-4 atas Thailand dalam adu penalti setelah kedua tim bermain imbang 3-3.

Piala AFF 2021 menggunakan format dua pertemuan pada babak semifinal. Setelah Indonesia vs Singapura pada Rabu, kedua tim kembali berduel pada Sabtu (25/12).

(sry/ptr)







Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *