Cerita Nicholas Saputra Soal Mira Lesmana, dari Musik hingga Mahyong


Jakarta, Indonesia —

Nicholas Saputra punya segudang cerita kala diajak berbincang soal Mira Lesmana. Keduanya memang dikenal dekat, bukan hanya sebagai produser dan aktor dalam sejumlah proyek film, tetapi juga teman di luar lokasi syuting.

Nicholas Saputra mengakui dirinya dan Mira Lesmana memiliki kesamaan minat pada film dan musik. Keduanya juga kerap saling bertukar informasi tentang berbagai hal.

Perkenalan Mira dan Nicholas berawal dari syuting film Ada Apa dengan Cinta? (2002), film pertama sekaligus yang melambungkan nama Nicholas Saputra.

Kala itu, Nico masih hanya fokus membahas urusan pekerjaan kala berhadapan dengan kru, termasuk Mira Lesmana dan Riri Riza yang duduk di bangku produser.

Setelah AADC (2002), Nico kembali terlibat dalam proyek-proyek Mira Lesmana dan Riri Riza. Kali ini Nico berperan sebagai Soe Hok Gie dalam film biopik Gie (2005).

Dari dua film itulah, Nico akhirnya mulai mengenal lebih dekat pribadi Mira Lesmana di luar urusan pekerjaan.




Mira Lesmana saat produksi filmMira Lesmana saat produksi film Gie (2005). (Arsip Miles Films)

“Kami punya banyak kesamaan minat di musik dan film, dan dalam beberapa topik. Sama Mas Riri juga. Jadi baru lebih mengenal [lebih dalam] lagi [tentang Mira Lesmana] ketika [di] film Gie,” ujar Nicholas Saputra.

Kendati sekedar bahan obrolan untuk menghalau sepi ketika jeda syuting, Nico mengaku mendapat banyak hal baru dari Mira yang memiliki pengalaman lebih banyak. Salah satunya soal musik-musik era 60-an ketika mereka riset untuk film Gie.

Hal ini tidak mengherankan, terutama mengingat Mira Lesmana memiliki darah musisi dari kedua orang tuanya, yaitu Jack Lesmana yang merupakan musisi jazz ternama Indonesia, dan Nien Lesmana, penyanyi senior tahun 1960-an.

Suara Nicholas Saputra menjadi lebih bersemangat kala kami berusaha mengulik lebih banyak momen-momen kebersamaan dirinya dengan Mira Lesmana yang jarang terekam kamera.

“Aduh, terlalu banyak sih ya,” katanya sembari tertawa.

Setelah sempat berpikir sejenak, Nicholas Saputra akhirnya mengakui bahwa ia dan Mira Lesmana seringkali bermain kartu dan mahyong kala mereka senggang dan sebagai pelepas penat di sela-sela syuting.

“Tapi bukan judi ya, cuma buat senang-senang,” kata Nicholas menekankan beberapa kali dalam perbincangan soal “main kartu” itu.

Nico juga menyebut Mira sebagai teman yang asyik untuk diajak berlibur. 




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *