Cerita Warga Ramai Liburan di Ragunan:Takut Corona Tapi Bismillah Saja



Jakarta, Indonesia —

Pengunjung Taman Margasatwa Ragunan hari ini (25/12) tembus lebih dari 17 ribu orang. Kehadiran mereka bertepatan dengan libur Natal 2021.

Pengunjung Ragunan datang dari beragam wilayah yang mayoritas berasal dari Jakarta dan penyangga Ibu kota. Mereka sengaja menghabiskan waktu akhir pekan untuk mencari suasana baru di tengah pandemi bersama keluarga terdekat.

Salah satunya adalah Andi, yang saat itu berkunjung ke Ragunan bersama anak dan istrinya. Andi sudah tiba di Ragunan sejak pukul 10.00 WIB. Ia berboncengan menggunakan motor dari rumahnya di Ciledug, Tangerang.

“Datang ke sini sekitar jam 10 tadi, mumpung libur ajak anak sama istri refreshing jadinya,” kata Andi yang ditemui, Sabtu (25/12).

Andi memilih Ragunan sebab ini menjadi salah satu keinginan istri dan anaknya yang masih balita. Terlebih ia mengatakan Ragunan juga menjadi tempat wisata terdekat dari rumahnya.

“Iya kata istri kan biar sekalian bisa ngasih lihat ke anak secara langsung macem-macem binatang. Terus kayaknya ini tempat wisata paling dekat,” ungkapnya.

Berbeda dengan Andi, Rio juga menjadi salah satu dari belasan ribu pengunjung Ragunan hari ini. Rio tidak cuma mengajak anak dan istri, melainkan beberapa rekannya yang juga turut membawa keluarga.

“Mumpung libur dan dekat juga dari rumah. Kebetulan saya tinggal di Cilandak. Ini datang sama rombongan,” ucap Rio.

Takut corona

Rio tidak menyangka kalau pengunjung Ragunan hari ini bakal membeludak. Rio juga mengakui bila situasi di dalam terbilang padat akan pengunjung.

“Iya ramai banget, tadi pagi saja pas dateng sudah ada 3.000 orang kata yang jaga. Tapi masih bisa jaga jarak sih,” ucap Rio.

Dengan kepadatan tersebut, Rio memang punya kekhawatiran akan wabah yang masih meluas di Indonesia. Terlebih penyebaran Covid-19 juga telah melalui varian baru dan terdeteksi bernama Omicron.

“Takut sih, cuma ya sudah Bismillah saja. Yang penting pakai masker dan jaga jarak juga,” ucap Rio.

Sementara itu Andi menambahkan untuk pencegahan penularan wabah ia dan keluarganya terus melakukan protokol kesehatan yang ketat.

“Iya kami selalu pakai masker dan utamanya juga sering cuci tangan. Dan di dalam juga kan sudah banyak disediakan tempat buat cuci tangannya,” kata Andi.

Aturan Baru Masuk Ragunan

Pengunjung lain, Sinta, menjelaskan masuk ke Ragunan kali ini punya aturan berbeda yaitu wajib mendaftar via online. Sinta juga menerima informasi ini melalui akun Instagram resmi pihak Ragunan.

“Jadi sekarang itu kan harus online. Jadi misal mau datang hari ini, pesannya itu kemarin. Nanti dikasih barcode gitu,” ungkap Sinta.

Jam operasional Ragunan juga telah diubah yaitu dibuka pukul 07.00 hingga 14.00 WIB.

Staf Pelayanan Informasi dan Kehumasan Taman Margasatwa Ragunan, Wahyudi Bambang sebelumnya mengatakan Taman Margasatwa Ragunan pada liburan natal 2021 memberlakukan pembatasan pengunjung sebanyak 50 persen atau setara dengan 30 ribu orang.

Taman Margasatwa Ragunan juga telah mengumumkan bagi pengunjung yang ingin datang diwajibkan mendaftar secara daring sehari sebelum kedatangan.

Pengelola juga menyebut warga dengan KTP luar DKI Jakarta juga diperbolehkan untuk berkunjung, tidak ada batasan usia, dan ibu hamil diperbolehkan datang.

Selain itu, pengunjung yang boleh datang ke Ragunan bagi mereka yang sudah mendapatkan vaksin Covid-19 minimal dosis pertama, dan melakukan pemindaian QR di aplikasi PeduliLindungi.

(ryh/ain)

[Gambas:Video ]




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *