Daftar 14 ‘Srikandi’ di Kabinet Merah Putih Prabowo-Gibran


Daftar Isi



Jakarta, Indonesia

Sejumlah tokoh perempuan masuk dalam jajaran Kabinet Merah Putih yang dibentuk Presiden RI Prabowo Subianto dan wakilnya Gibran Rakabuming Raka.

Siapa saja nama yang masuk sebagai menteri dan wamen perempuan kabinet Prabowo-Gibran? Berikut daftarnya.

Setelah dilantik pada 20 Oktober kemarin, Prabowo langsung mengumumkan para pembantunya di jajaran kementerian dan badan setingkat kementerian pada malam setelahnya.


ADVERTISEMENT


SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Nama-nama yang mengisi jajaran kabinet ini diumumkan di Istana Negara, Jakarta pada Minggu (20/10).

Total ada 49 kementerian yang dibentuk Prabowo. Setiap menteri minimal memiliki satu wakil menteri yang akan berbagi tugas sesuai tupoksi masing-masing.

Sebanyak 14 nama tokoh perempuan masuk dalam jajaran Kabinet Merah Putih. Berikut daftar ‘srikandi’ di Kabinet Merah Putih.

1. Sri Mulyani

Sri Mulyani yang telah menjabat sebagai Menteri Keuangan selama dua periode pemerintahan Joko Widodo, kembali ditunjuk sebagai Menteri Keuangan di Kabinet Merah Putih.

2. Meutya Hafid

Mantan wartawan televisi nasional yang kini aktif sebagai politikus ini diangkat menjadi Menteri Komunikasi dan Digital dalam Kabinet Merah Putih. Meutya sebelumnya aktif di Senayan sebagai anggota DPR sejak 2010 lalu.

3. Rini Widyantini

Rini ditunjuk sebagai Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi.

Nama Rini sendiri bukan orang baru di kementerian itu. Sejak 2022 lalu, Rini telah menjabat sebagai Sekretaris KemenPANRB.

4. Widiyanti Putri Wardhana




Pengusaha Widiyanti Putri Wardhana melambaikan tangan ke arah wartawan setibanya di kediaman Presiden Terpilih Prabowo Subianto, Kertanegara, Jakarta Selatan, Senin (14/10/2024). Presiden Terpilih Prabowo Subianto memanggil sejumlah tokoh yang diyakini bakal menjadi calon menteri/kepala lembaga negara untuk pemerintahan baru ke depan. ANTARA FOTO/Aprillio AkbarPebisnis Widiyanti Putri Wardhana ditunjuk menjadi Menteri Pariwisata RI dalam Kabinet Merah Putih. (ANTARA FOTO/Aprillio Akbar)

Widiyanti ditunjuk sebagai Menteri Pariwisata oleh Prabowo. Dia merupakan putri dari konglomerat Wiwoho Basuki Tjokronegoro. Dia juga diketahui sebagai pebisnis wanita yang cukup diperhitungkan di Indonesia.

5. Arifatul Choiri Fauzi

Arifatul ditunjuk sebagai Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPPA). Dia juga merupakan Sekretaris Pengurus Pusat Muslimat Nahdlatul Ulama (NU).

6. Ribka Haluk

Ribka Haluk ditunjuk sebagai Wakil Menteri dalam Negeri mendampingi Tito Karnavian. Ribka merupakan birokrat Indonesia asal Papua, dan juga merupakan perempuan pertama yang duduk di kursi Gubernur Papua walau statusnya seorang penjabat.

7. Ni Luh Puspa

Ni Luh Puspa ditunjuk Prabowo menjadi Wakil Menteri Pariwisata. Dia adalah seorang presenter berita di salah satu televisi nasional.

Kini, dia akan mendampingi Widiyanti untuk memajukan pariwisata Indonesia.

8. Veronica Tan

Veronica Tan ditunjuk menjadi Wakil Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPPA). Dia dikenal sebagai istri dari Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok sebelum akhirnya bercerai dan tetap aktif dalam berbagai bisnis serta kegiatan sosial yang dirintisnya sendiri.

9. Christina Aryani

Christina Aryani ditunjuk sebagai Wakil Menteri Perlindungan Pekerja Migran/BP2MI. Dia merupakan politikus Partai Golkar.

Sebelumnya, dia aktif sebagai salah satu anggota DPR RI.

10. Stella Christie

Stella Christie ditunjuk sebagai Wakil Menteri Pendidikan Tinggi Sains dan Teknologi. Stella merupakan akademisi di bidang cognitive science dan Guru Besar Tsinghua University, China.

11. Dyah Roro Esti Widya Putri

Dyah merupakan politikus dari Partai Golkar. Kini, dia ditunjuk sebagai Wakil Menteri Perdagangan di Kabinet Merah Putih.

12. Ratu Isyana Bagoes Oka




Politisi PSI Isyana Bagoes Oka yang diperkirakan bakal mengisi kabinet Prabowo-Gibran tiba di Kertanegara, Selasa (15/10/2024)Politisi PSI dan mantan jurnalis Isyana Bagoes Oka ditunjuk sebagai Wakil Menteri Kependudukan dan Pembangunan Keluarga. ( Indonesia/Adhi Wicaksono)

Isyana Bagoes Oka ditunjuk sebagai Wakil Menteri Kependudukan dan Pembangunan Keluarga mendampingi Wihaji. Dia adalah politikus PSI yang juga mantan jurnalis di salah satu televisi nasional.

13. Diana Kusumastuti

Diana ditunjuk sebagai Wakil Menteri Pekerjaan Umum (PU). Sebelumnya, dia menjabat sebagai Direktur Jenderal Cipta Karya Kementerian Pekerjaan Umum dan Tata Ruang.

14. Irene Umar

Irene Umar ditunjuk sebagai Wakil Menteri Ekonomi Kreatif/Wakil Kepala Badan Ekonomi Kreatif dalam Kabinet Merah Putih Prabowo-Gibran.Dia merupakan jajaran profesional yang masuk dalam kabinet ini.

Sebelum ditunjuk sebagai wakil menteri, dia banyak berkiprah di berbagai usaha, mulai dari bankir hingga industri kreatif seperti gim, teknologi, hingga blockchain.

Demikian daftar menteri dan wamen perempuan dalam kabinet Prabowo-Gibran.

(tst/asr)

[Gambas:Video ]




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *