Daftar 7 Panelis Debat Perdana Cagub-Cawagub Jatim 2024




Surabaya, Indonesia

KPU Provinsi Jawa Timur mengumumkan tujuh panelis dalam debat calon gubernur dan wakil gubernur pada Pilgub Jawa Timur 2024.

Debat perdana ini bakal dilaksanakan di Graha Universitas Negeri Surabaya (Unesa), Jumat (18/10) malam. Tema debat publik perdana itu ialah ‘Transformasi Sosial dan Peningkatan Produktifitas Sumber Daya Lokal Untuk Kesejahteraan Masyarakat Jawa Timur’.


ADVERTISEMENT


SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

“Hasil rapat pleno KPU Jatim akhirnya menetapkan jumlah panelis sejumlah tujuh [orang], ke tujuh-tujuhnya dari unsur akademisi, kenapa, kaitannya secara keilmuan dan independensi,” kata Komisioner Divisi Sosialisasi Pendidikan Pemilih dan Partisipasi Masyarakat KPU Jatim Nur Salam saat konferensi pers KPU Jatim, Kamis (17/10).

Tujuh panelis itu yakni, ahli Pendidikan Agama dari Fakultas Tarbiyah & Keguruan UIN Sunan Ampel Surabaya, Achmad Muhibin Zuhri; ahli Manajemen dari Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Trunojoyo Madura, Muhammad Syarif.

Kemudian ahli Ekonomi Pembangunan dari Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Jember, Adhitya Wardhono; ahli Akuntansi dari Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Hayam Wuruk Perbanas Surabaya, Sasongko Budisusetyo.

Selanjutnya ahli Sosiologi Ekonomi dan Kelembagaan dari Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Brawijaya, Ahmad Imron Rozuli; ahli Kesehatan dari Fakultas Ilmu Kesehatan Universitas Maarif Hasyim Latif Sidoarjo, dr Hidayatullah; dan ahli Pendidikan Bahasa sebagai Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Malang, Rina Wahyu Setyaningrum.

“Kita juga sudah minta tujuh panelis untuk menandatangani pakta integritas,” ujarnya.

Menurutnya, pihaknya sengaja baru mengumumkan nama-nama penelis H-1 pelaksanaan debat, agar kerja para ahli yang ditunjuk itu tidak terganggu .

“Ini dengan pertimbangan-pertimbangan oleh kita. Termasuk di antaranya lokasi panelis sekarang berada, kita rahasiakan. Jika diumumkan jauh-jauh hari] khawatirnya akan memengaruhi kinerja panelis dan kami sudah komunikasikan dengan panelis, agar mereka bisa fokus bekerja,” ujarnya.

Meski demikian, kata Nur Salam, ketiga tim paslon telah mendapatkan informasi nama panelis H-3 pelaksanaan debat. Berikut juga temanya.

“Tim paslon sudah kami komunikasikan H-3 kemarin, kita sampaikan tema termasuk berikut panelisnya,” katanya.

Debat publik besok akan dimulai tepat pukul 19.30 WIB. Ketiga paslon diizinkan membawa 150 massa pendukung ke arena debat di Graha Unesa. Jumlah itu termasuk ketua partai dan tim ahli.

“Selanjutnya untuk pendukung tidak boleh menyerang dan sebagainya. Tidak boleh membawa atribut selain yang melekat di tubuhnya. Besok ada screening masing-masing tim pendukung itu termasuk pemeriksaan tas,” ujarnya.

Pilgub Jawa Timur 2024 diikuti oleh tiga pasangan calon (paslon). Paslon nomor urut 1 yakni Luluk Nur Hamidah-Lukmanul Khakim (Luluk-Lukman) yang diusung PKB.

Kedua paslon urut 2 Khofifah Indar Parawansa-Emil Elestianto Dardak (Khofifah-Emil), yang diusung koalisi 15 partai. Yakni PAN, Gerindra, Golkar, Demokrat, PPP, PSI, PKS, Perindo, Nasdem, Partai Buruh, Partai Gelora, PBB, PKN, Partai Garuda dan Partai Prima.

Kemudian paslon urut 3, pasangan Tri Rismaharini-Zahrul Azhar Asumta (Risma-Gus Hans) yang diusung PDIP dan Hanura.

(frd/fra)

[Gambas:Video ]




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *