Daftar Kepala Negara yang Suka Hewan Peliharaan



Daftar Isi



Jakarta, Indonesia

Presiden Prabowo Subianto membawa kucing peliharaannya, Bobby, ke Istana Negara, Jakarta, Minggu (20/10) usai upacara pelantikan.

Momen itu dibagikan lewat akun Instagram @bobbykertanegara.

“Kertanegara” merujuk pada alamat kediaman Prabowo di Jalan Kertanegara IV, Jakarta Selatan. Dalam salah satu video yang diunggah di akun Instagram, terlihat Bobby ditempatkan pada kereta dorong atau stroller dengan inisial “BK”.


ADVERTISEMENT


SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Prabowo ternyata bukan satu-satunya kepala negara yang suka hewan peliharaan. Sebab, ada juga pemimpin negara lain yang punya hobi serupa seperti Prabowo. Berikut daftar kepala negara yang suka hewan peliharaan yang telah dirangkum Indonesia.com.

Vladimir Putin

Presiden Rusia, Vladimir Putin, merupakan salah satu kepala negara yang suka hewan peliharaan. Dilansir Reuters, pria yang kini berusia 72 tahun itu dilaporkan menyukai kuda, kucing, hingga anjing.

Pada 2017, Putin pernah mendapatkan kado ulang tahun berupa anjing dari Presiden Turkmenistan, Kurbanguly Berdymukahmedov. Dalam video yang diunggah oleh CBS News, saat itu, Putin terlihat sumringah saat menerima kado tersebut.

Ia lantas mengelus dan mencium anjing pemberian Presiden Turkmenistan dengan penuh hangat. Sambil tersenyum, ia juga terlihat menimang-nimang anjing tersebut dengan suka ria.

Kim Jong Un

Sama dengan Vladimir Putin, Presiden Korea Utara, Kim Jong Un, juga menyukai hewan peliharaan. Kim disebut sangat menyukai anjing.

Bahkan, pada 2018, pemimpin diktator tersebut pernah memberi Presiden Korea Selatan, Moon Jae-in, sepasang anjing Pungsan putih sebagai tanda membaiknya hubungan antara Korut dan Korsel, seperti dikutip DW.

Saat itu, anjing-anjing tersebut dilaporkan masih berusia sekitar 1 tahun. Anjing-anjing tersebut dibawa melewati garis demiliterisasi (DMZ) antara Korut dan Korsel sebagai simbol membaiknya hubungan kedua negara.

Selain anjing, Kim juga dilaporkan sangat menyukai kucing. Pada 2018 lalu, ia pernah memelihara dan membawa kucing ke ruang kerjanya.

Joe Biden

Selain Vladimir Putin dan Kim Jong Un, Joe Biden juga termasuk kepala negara yang menyukai hewan peliharaan. The Guardian melaporkan bahwa Presiden AS tertua itu sangat menyukai anjing dan kucing.

Saat resmi terpilih sebagai Presiden AS pada 2020 lalu, Biden juga mengatakan bahwa Gedung Putih yang menjadi kantornya akan jadi tempat tinggal kucing dan anjing.

“Saya suka memelihara hewan di rumah,” kata Biden.

Kucing kesayangan Biden saat ini bernama Willow. Sebagai kucing peliharaan presiden, ia disebut punya “hak istimewa” karena selalu diperlakukan layaknya manusia.

“Ia (Willow) mendapat banyak perhatian dari staf Kediaman Eksekutif. Di Wilmington dan di Camp David, ia sering duduk di teras di bawah sinar matahari,” kata Sekretaris ibu negara, LaRosa kepada .

Selain itu, ia juga sering menemani keluarga Biden bertamasya pada akhir pekan.

“Willow sering menghabiskan akhir pekan bersama Keluarga Pertama, termasuk di Rehoboth, Wilmington, dan Camp David,” kata tambah LaRosa.

Emmanuel Macron

Presiden Prancis, Emmanuel Macron, juga menyukai hewan peliharaan. Ia disebut sangat menyukai anjing sebagai hewan peliharaannya.

Dilansir Politico, saking sukanya terhadap anjing, Macron sering membawanya ke berbagai upacara penting kenegaraan. Biasanya, anjing tersebut selalu berada di samping Macron saat dirinya menghadiri upacara penting.

Selain itu, Macron juga sering membawa anjingnya ke ruang kerja untuk menemani hiruk pikuk dirinya sebagai seorang presiden.

Xi Jinping

Kepala negara terakhir yang disebut menyukai hewan peliharaan adalah Xi Jinping. Dilansir China Daily, Presiden China itu sangat suka memelihara kucing, terutama spesies langka.

Sebab, ia menilai kucing dengan spesies langka harus dilindungi keberadaannya agar tidak punah.

Ada pun spesies kucing langka yang dimaksud adalah macan tutul salju dan kucing gurun China. Mereka dianggap spesies kucing langka lantaran jumlah populasinya kini hanya tinggal sedikit.

(gas/bac)


[Gambas:Video ]




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *