Daftar Mobil-Motor Listrik untuk Pejabat RI Usai Aturan ‘Paksa’ Keluar



Jakarta, Indonesia —

Pemerintah melalui Kementerian Perhubungan (Kemenhub) sedang merancang satu aturan untuk ‘memaksa’ para pejabat di Indonesia menggunakan kendaraan listrik, baik mobil listrik dan sepeda motor listrik.

Regulasi akan berbentuk Instruksi Presiden (Inpres) karena diinisiasi oleh Kepala Staf Presiden Moeldoko.

Untuk diketahui, sejumlah APM sudah memasarkan mobil dan motor listrik di Indonesia. Para pejabat pun sudah punya pilihan bila memang ingin mengganti kendaraan dinasnya dengan mobil listrik.

Pilihannya cukup bervariasi dan tersedia dari beragam merek dengan harga termurah sampai paling mahal.

Sepeda motor listrik pun sudah banyak dijual di dalam negeri. Pilihannya tak kalah banyak, dan cocok bila ditujukan untuk para pegawai yang ingin ikut-ikutan mengendarai motor ramah lingkungan ke kantor. Harganya yang ditawarkan juga bervariasi.

Berikut pilihan mobil listrik dan motor listrik untuk para pejabat di Indonesia:

Mobil listrik

Pilihan mobil listrik penumpang berbagai macam mulai dari Hyundai Kona EV, Hyundai Ioniq EV, Lexus UX300e, Nissan Leaf, dan BMW i3, hingga Tesla Model X, Model S, serta Model 3. Selain itu ada pula pemain baru dan bisa jadi pilihan, MG ZS EV serta MG 5 Station Wagon.

Namun tahun depan diprediksi pilihannya akan semakin banyak pilihan mengingat pabrikan akan segera merilis mobil listrik baru.

Misalnya Wuling yang menyebut akan merilis mobil listrik mungil dengan platfom Global Small Electric Vehicle (GSEV). Tak hanya itu pabrikan BMW dan Mini juga akan melakukan hal sama untuk mobil murni listrik.

[Gambas:Video ]

Mobil hybrid

Jika masih khawatir menggunakan mobil listrik, para pejabat bisa memilih mobil hybrid mulai Toyota Corolla Cross, Nissan Kicks 377 unit Toyota CHR hybrid, Toyota Camry hybrid, dan Toyota Corolla Altis hybrid, Toyota Alphard hybrid.

Berikutnya Lexus ES 300h dan Mitsubishi Outlander PHEV 35. Pabrikan juga nampaknya akan melahirkan beberapa model mobil hybrid pada 2022.

Motor listrik

Untuk level pegawai bisa memilih motor listrik yang didesain unik namun kemampuan jelajah bisa diacungi jempol untuk pemakaian perkotaan.

Pilihan buat motor listrik seperti merek Gesits, United T1800, Viar Q1, Ecgo 2, NIU. Bisa juga pilih Honda PCX listrik yang statusnya masih menyasar konsumen fleet. Karyawan yang ingin tampil berbeda bisa memiliki motor listrik hasil modifikasi.

Seperti kita ketahui pemerintah memiliki program yaitu mengkonversi motor konvensional menjadi motor listrik memanfaatkan bengkel motor yang terverifikasi. Namun masalahnya bengkel tersebut masih terbatas di Indonesia.

(ryh/mik)




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *