Daftar Negara Eropa dengan Lonjakan Kasus Covid-19 Pekan Ini



Jakarta, Indonesia —

Gelombang lonjakan baru kasus Covid-19 sedang melanda sejumlah negara Eropa. Kasus harian sentuh angka puluhan ribu.

Direktur Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) untuk Eropa, Hans Kluge, menilai bahwa lonjakan kasus Covid-19 di 53 negara di kawasan Eropa kini sangat mengkhawatirkan.

Saat ini, kasus Covid-19 di Eropa mencapai 78 juta kasus. Jumlah tersebut mengungguli kasus di Asia Tenggara, Mediterania Timur, Pasifik Barat, dan Afrika.

Berikut negara-negara Eropa yang alami lonjakan kasus Covid-19:

1. Rusia

Terhitung tanggal 6 November, kasus harian Covid-19 di Rusia meroket dalam 24 jam mencapai 41.335 kasus. Angka ini merupakan angka penambahan kasus harian virus Corona tertinggi di negara tersebut sejak pandemi.

Dilansir dari Reuters, kasus kematian karena Covid-19 dalam sehari terakhir tercatat mencapai 1.188 orang.

Lonjakan kasus Covid-19 di Rusia salah satunya dipicu karena tingkat vaksinasi yang rendah. Banyak warga Rusia yang enggan divaksin dan menolak empat merk vaksin yang diresmikan pemerintah, termasuk buatan lokal, Sputnik V.

Tak hanya itu, penyebab lainnya ialah negara Eropa kini menjadi episentrum penyebaran virus Corona.

2. Jerman

Jerman mencatat rekor tertinggi kasus Covid-19 dengan 50.196 infeksi virus Corona dalam sehari pada Kamis (11/11).

Menurut otoritas kesehatan Jerman, angka tersebut merupakan kasus harian pertama yang menembus lebih dari 50 ribu sejak pandemi dimulai tahun lalu.

Angka ini lebih tinggi dari rekor kasus sebelumnya yang tercatat sehari sebelumnya, Rabu (10/11), dengan 37.120 infeksi Corona.

Pemerintah Jerman enggan melakukan pembatasan wilayah untuk atasi masalah tersebut. Namun, Pemerintah Ibu Kota Berlin akan menerapkan aturan yang melarang warga belum vaksin Covid-19 mengunjungi tempat publik dan hiburan.

3. Perancis

Kementerian Kesehatan Prancis mencatat 11.883 kasus Covid-19 baru pada Rabu (10/11). Selama dua hari berturut-turut, Prancis mendeteksi infeksi virus Corona harian mencapai lebih dari 10 ribu kasus.

Jumlah kasus lonjakan kasus Covid tersebut membuat Menteri Kesehatan Perancis Olivier Veran mengatakan negaranya mulai menghadapi gelombang kelima Covid-19.

“Gelombang kelima Covid-19 sedang berlangsung di beberapa negara, sementara itu apa yang kita alami di Prancis adalah jelas-jelas terlihat seperti awal gelombang kelima (Covid-19),” kata Veran seperti dikutip Reuters.

Bahkan, terhitung sejak awal pekan ini, penambahan masyarakat yang dirawat di rumah sakit akibat infeksi virus Corona mencapai 156 orang dalam 24 jam.

4. Belanda

Belanda melaporkan rekor kasus Covid-19 mencapai 16.300 kasus pada Kamis (11/11). Berdasarkan data pemerintah, sekitar 55 persen dari keseluruhan pasien Covid berada di rumah sakit dan 70 persen yang dirawat di ICU merupakan warga belum divaksin.

Negeri Kincir menjadi negara Eropa Barat pertama yang menerapkan lockdown akibat lonjakan Covid.

Berdasarkan aturan lockdown itu, bar, restoran, dan toko-toko non-esensial lainnya diwajibkan tutup pukul 19.00 setidaknya selama tiga pekan mulai hari ini, Sabtu (13/11). Meski demikian, beberapa fasilitas umum, seperti sekolah, teater, dan bioskop masih diizinkan untuk beroperasi.

(cfd)

[Gambas:Video ]




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *