Demokrat Balas Sindir Gerindra: Kami Tak Kenal Oligarki



Jakarta, Indonesia —

Kepala Badan Komunikasi Strategis Partai Demokrat Herzaky Mahendra Putra, membalas sindiran yang dilayangkan Ketua Harian DPP Partai Gerindra, Sufmi Dasco Ahmad, yang menyindir partai politik (parpol) lain yang ‘mengkarbit’ anak ketua umum partai.

Ia menyatakan, sistem demokrasi di Demokrat berjalan dengan baik. Menurutnya, Demokrat tidak mengenal sistem oligarki selama 20 tahun berdiri.

“Demokrasi berjalan dengan sangat baik di Partai Demokrat. Kami tidak mengenal sistem oligarki di partai kami,” kata Herzaky dalam keterangan yang diterima Indonesia.com, Selasa (21/12).

Ia menyampaikan, Demokrat telah menggelar kongres pemilihan ketua umum sebanyak lima kali selama 20 tahun berdiri. Menurut Herzaky, mekanisme pemilihan dan regenerasi di Demokrat pun berjalan dengan tertib serta konsisten selama ini.

Pun begitu dengan kepengurusan di tingkat pusat hingga daerah, menurutnya, Demokrat memiliki aturan, mekanisme, serta masa jabatan yang jelas. Herzaky melanjutkan, semua sosok yang menjabat Ketua Umum Demokrat, termasuk Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) terpilih lewat proses yang demokratis dan konstitusional.

“Pertama, dipilih oleh para pemilik suara di Kongres. Kedua, berdasarkan aturan dan mekanisme yang ditetapkan di Kongres, yaitu AD/ART dan peraturan organisasi maupun ketentuan internal lainnya,” kata Herzaky.

“Ketiga, ada ruang demokrasi yang sangat luas untuk seluruh kader, untuk ikut serta dalam kontestasi Ketua Umum selama memenuhi persyaratan yang ditetapkan,” sambungnya.

Sebelumnya, Dasco menyindir partai-partai lain yang ‘mengkarbit’ anak ketua umum partai. Berbeda dengan partai tersebut, Dasco mengklaim di Partai Gerindra tidak mengenal oligarki.

Hal ini ia sampaikan setelah melantik keponakan Ketua Umum Prabowo Subianto, Wakil Ketua Umum DPP Gerindra periode 2020-2025, Rahayu Saraswati Djojohadikusumo sebagai Ketua Umum Tunas Indonesia Raya (Tidar).

“Tidak seperti partai partai lain yang bapaknya mendirikan partai dan ketua umum partai, tiba tiba anaknya langsung dikarbit,” kata Dasco di Hotel Sahid Jakarta, Minggu (19/12).

(mts/ain)

[Gambas:Video ]




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *