Deret Kecelakaan Bus Transjakarta dalam 40 Hari Terakhir



Jakarta, Indonesia —

Bus angkutan umum milik PT Transportasi Jakarta (Transjakarta) mencatat sedikitnya lima kecelakaan dalam 40 hari terakhir sejak Oktober 2021.

Teranyar, dua bus Transjakarta kecelakaan dalam waktu berdekatan. Pada Kamis (2/12), bus menabrak Pos Polisi Lalu Lintas di kawasan Cililitan, Jakarta Timur, hingga roboh. Belum genap sehari, bus Transjakarta menabrak pembatas jalan atau separator di Jalan Jenderal Sudirman, Jakarta Selatan.

Rentetan kecelakaan itu menuai perhatian. Komisi B DPRD DKI Jakarta, Abdul Aziz telah menjadwalkan pemanggilan terhadap Direktur Utama PT Transjakarta dan Dinas Perhubungan (Dishub) DKI Jakarta buntut rentetan kecelakaan tersebut.

“Kita sudah agendakan, jadi hari Senin siang kita akan panggil Transjakarta untuk menjelaskan,” kata Aziz saat dikonfirmasi, Jumat (3/12).

Politikus Partai Keadilan Sejahtera (PKS) itu menyebut pemanggilan dilakukan untuk mengevaluasi rentetan kecelakaan yang melibatkan bus Transjakarta dalam sebulan terakhir. Ia khawatir hal itu menimbulkan rasa tidak aman masyarakat menggunakan transportasi umum.

Sebelum dua insiden terakhir, bus Transjakarta tak pernah luput dari kecelakaan saban bulan sejak Oktober lalu. Adapun daftarnya sebagai berikut.

25 Oktober

Sebanyak dua bus terlibat kecelakaan di Jalan MT Haryono, Cawang, Jakarta Timur, pada Senin (25/10). Kecelakaan mengakibatkan dua orang tewas dan lebih dari 30 orang luka-luka.

Hasil pemeriksaan polisi, kecelakaan disebabkan oleh kesalahan manusia. Polisi menemukan fakta bahwa sopir yang terlibat kecelakaan dan meninggal dunia mengidap riwayat epilepsi.

Fakta lain hasil penyelidikan juga menyebut, kecepatan bus Transjakarta yang dikendarai sopir berinisial J tak berkurang saat mendekati halte. Polisi menduga penyakit J kambuh saat peristiwa itu.

29 Oktober

Belum genap sepakan usai kecelakaan maut itu, bus Transjakarta kembali terlibat kecelakaan di Jalan Gandaria City, Jakarta Selatan pada Jumat (29/10). Bus menabrak separator jalur khusus.

Meski tak menimbulkan korban jiwa, PT Transjakarta menjatuhkan sanksi berupa pemecatan kepada supir yang mengendarai bus rute Rambutan-Harmoni itu.

4 November

Akun Instagram @jktinfo merekam insiden bus Transjakarta yang secara mendadak mengeluarkan asap putih di kawasan Senen, Jakarta Pusat pada Kamis (4/11). Dalam video tersebut terekam penumpang yang panik dan keluar dari bus.

Kepala Public Relation PT Transjakarta kala itu, Iwan Samariansyah, menyebut kepulan asap akibat kerusakan mesin air conditioner (AC) bus yang rusak. Kerusakan tersebut akibat sambungan vanbelt putus dan menimbulkan kepulan asap putih.

2 Desember

Bus Transjakarta dengan kode trayek 5C menabrak pos polisi lalu lintas di kawasan Cililitan, Jakarta Timur pada Kamis (2/12). Insiden itu menyebabkan seorang petugas sterilisasi jalur busway yang berada di lokasi mengalami cedera dan dilarikan ke rumah sakit.

Akibat kecelakaan tersebut, bus mengalami kerusakan pada kaca depan, bodi depan samping kiri dan kanan rusak, dan kaca samping kiri depan yang juga pecah.

PT Transjakarta telah memberhentikan sementara sopir yang mengendarai bus tersebut. Pramudi bus rute PGC-Harmoni itu kini tengah diminta keterangan oleh polisi.

3 Desember

Belum genap sehari usai insiden di Cililitan, bus Transjakarta kembali kecelakaan di kawasan Jalan Jenderal Sudirman, Jakarta Selatan.

Bus Transjakarta dengan nomor polisi B-7277-TGC itu menabrak pembatas jalur, di depan Gedung Ratu Plaza. Meski tak ada korban, bus mengalami kerusakan di bagian depan. Polisi menduga kecelakaan akibat sopir kurang konsentrasi.

(thr/pmg)

[Gambas:Video ]




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *