Deret Skandal di Kerajaan Saudi, Korupsi hingga Pembunuhan



Jakarta, Indonesia —

Keluarga Saud penguasa Arab Saudi, yang hidup bergelimang harta dan kuasa tak lepas dari berbagai skandal.

Mulai dari korupsi, bahkan pertumpahan darah, mengguncang keluarga yang telah menguasai Arab Saudi selama lebih dari 89 tahun ini.

Skandal Korupsi Hingga Sekitar Rp1.438 Triliun

Dimulai dari skandal korupsi, Arab Saudi harus mengalami kerugian hingga US$100 miliar (Rp1.438 triliun). Kerugian ini timbul akibat korupsi yang dilakukan bangsawan dan pejabat di negara itu selama beberapa dekade, dikutip dari .

Angka kerugian ini dibeberkan oleh Sheikh Saud Al Mojeb pada 2017, yang kala itu menjabat sebagai Jaksa Agung Arab Saudi.

“Berdasarkan investigasi yang kami lakukan dalam tiga tahun terakhir, kami memprediksi setidaknya US$100 miliar telah disalahgunakan dari korupsi sistematik dan penggelapan selama beberapa dekade,” kata Al Mojeb.

“Bukti dari penyalahgunaan ini sangat kuat, dan mengonfirmasi dugaan awal yang berujung pada dimulainya investigasi oleh otoritas Arab Saudi,” tambahnya.

Otoritas Arab Saudi menahan belasan keluarga kerajaan, pebisnis, dan pejabat pemerintah senior kala melakukan inpeksi anti-korupsi dadakan. Beberapa orang yang ditahan yakni pengusaha sekaligus miliarder Pangeran Alwaleed bin Talal, mantan kepala istana kerajaan Khaled Al-Tuwaijri, dan maestro media Saudi Waleed Al-Ibrahim.

Pembunuhan Raja Faisal dan Hukuman Eksekusi

Pada 1975, ada seorang pangeran Arab Saudi yang dihukum mati karena membunuh raja negara terdahulu, Raja Faisal. Raja Faisal ditembak oleh Pangeran Faisal bin Musaed bin Abdelaziz.

Akibat kejahatannya, Pangeran Faisal mendapatkan hukuman penggal, sebagaimana dilansir New York Times.

Hukuman penggal ini dilakukan di alun-alun depan istana Gubernur Riyadh, menghadap Masjid Agung.

Seorang saksi, yang dihubungi melalui telepon, mengatakan bahwa Pangeran Faisal diam dan terlihat tenang saat dibawa ke tempat eksekusi.

Setelah itu, kepalanya dilaporkan sempat dipancang di tiang kayu sebelum dimasukkan ke dalam ambulans bersama badannya, untuk dimakamkan.

Hukuman ini dilaporkan disaksikan oleh Pangeran Salman, yang merupakan adik dari Raja Faisal yang dibunuh. Ia satu-satunya keluarga kerajaan di antara para saksi eksekusi.

Lanjut baca di halaman berikutnya…


Kasus Pembunuhan Khashoggi hingga Pelayan Kerajaan


BACA HALAMAN BERIKUTNYA



Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *