Diambil Alih BRIN, Tim Waspada Covid-19 Eijkman Pamit



Jakarta, Indonesia —

Tim Waspada Covid-19 Lembaga Biologi Molekuler Eijkman (Wascove) berpamitan tepat di awal 2022 ini. Wascove kini diambil alih oleh Kedeputian Infrastruktur Riset dan Inovasi Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN).

Tim Wascove mengumumkan perpisahan kepada seluruh rakyat Indonesia atas dukungannya dalam menangani pandemi Covid-19.

“Mulai tanggal 1 Januari 2022, kegiatan deteksi Covid-19 di PRBM Eijkman akan diambil alih oleh Kedeputian Infrastruktur Riset dan Inovasi BRIN. Salam sehat. Wascove. Bersama, kita pulih kembali. Kami pamit,” ucap tim Wascove dalam akun Twitter Eijkman @eijkman_ins, Sabtu (1/1).

Selama ini, Wascove dibentuk oleh Eijkman untuk menghadapi pandemi Covid-19 di Indonesia.

Selama pandemi Covid-19, tim Wascove banyak berperan dalam mendeteksi dan melakukan penelitian virus SARS-CoV-2, termasuk penelitian plasma konvalesen dan pengembangan Vaksin Merah Putih.

Wascove juga telah mendistribusikan lebih dari 155.000 Viral Transport Medium (VTM) atau salah satu alat penunjang pemeriksaan PCR/antigen.

Selain itu, Wascove juga telah memeriksa lebih dari 95.000 sample Covid-19 dari 351 fasilitas pelayanan kesehatan, hingga melakukan pemeriksaan WGS dan melaporkan langsung ke GISAID.

“Tim Wascove ingin mengucapkan terima kasih kepada seluruh rakyat Indonesia atas dukungan yang diberikan pada kami sampai saat ini,” ujarnya.

LBM Eijkman kini terintegrasi dalam BRIN sejak September 2021. Perubahan status LBM Eijkman menjadi Pusat Riset Biologi Molekuler (PRBM) Eijkman resmi dilangsungkan pada 28 Desember lalu.

Sementara itu, Kepala BRIN Laksana Tri Handoko mengatakan, integrasi dua lembaga bertujuan untuk memperkuat kompetensi periset biologi molekuler di Indonesia.

“Masuknya LBM Eijkman kepada BRIN yang menjadi PRBM Eijkman maka kompetensi para periset biologi molekuler akan semakin meningkat. Apalagi selama ini LBM Eijkman sudah memiliki budaya riset yang tinggi, maka budaya ini tentunya akan menjadi PR bagi kepala pusat yang baru,” ujar Handoko dalam keterangan tertulis.

(mln/fef)

[Gambas:Video ]




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *