Ditahan Timnas Indonesia, Awal Mula Posisi Mancini Berantakan




Jakarta, Indonesia

Roberto Mancini resmi dicopot dari posisi pelatih timnas Arab Saudi. Posisi pelatih asal Italia itu mulai berantakan sejak Arab Saudi ditahan imbang Timnas Indonesia pada Kualifikasi Piala Dunia 2026, 5 September lalu.

Hubungan Mancini dengan manajemen Federasi Sepak Bola Arab Saudi (SAFF) sebenarnya memburuk sejak kegagalan di Piala Asia 2023. Ketika itu Mancini dikritik setelah meninggalkan lapangan sebelum adu penalti Arab Saudi vs Korea Selatan berakhir di babak 16 besar.

Mancini juga dikritik fans Arab Saudi karena tidak mendampingi para pemain usai dikalahkan Korea Selatan dalam adu penalti. Mancini kemudian minta maaf ke SAFF dan fans.


ADVERTISEMENT


SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Posisi Mancini mulai berantakan ketika Arab Saudi ditahan imbang Timnas Indonesia pada laga pertama Grup C babak ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2024 zona Asia.

Di atas kertas Arab Saudi difavoritkan untuk menang atas Indonesia pada laga di Jeddah itu. Tapi, Timnas Indonesia mampu tampil mengejutkan dan bahkan unggul lebih dulu melalui Sandy Walsh.

Wajah timnas Arab Saudi terselamatkan setelah Musab Al Juwayr berhasil menyamakan kedudukan. Arab Saudi sebenarnya punya kesempatan emas untuk menang, tapi penalti Salem Al Dawsari berhasil diblok Maarten Paes.

Usai Arab Saudi ditahan Timnas Indonesia, Mancini benar-benar mendapat tekanan. Tidak sedikit suara-suara yang meminta SAFF untuk memecat pelatih yang membawa Italia juara Euro 2020 itu.

Terlebih Mancini sempat menyalahkan klub-klub Arab Saudi usai ditahan imbang Indonesia. Ketika itu Mancini menyebut penurunan performa timnas Arab Saudi terjadi karena para pemain timnas jarang dimainkan klub-klub.

Meski mendapat tekanan luar biasa, SAFF tetap mempercayakan Mancini. Terutama pada pertandingan selanjutnya Arab Saudi berhasil menang tipis 2-1 atas China. Tapi, hasil dua laga terakhir di Kualifikasi Piala Dunia 2026 membuat SAFF memutuskan untuk memecat Mancini.

Timnas Arab Saudi dikalahkan Jepang 0-2 dan ditahan imbang Bahrain tanpa gol meski di atas kertas dijagokan untuk menang.

Kini timnas Arab Saudi berada di posisi tiga klasemen Grup C Kualifikasi Piala Dunia 2026. SAFF merasa harus ada perubahan posisi pelatih, karena hanya dua tim teratas di grup yang bisa lolos otomatis ke Piala Dunia 2026.

Selanjutnya timnas Arab Saudi akan melawan Australia di Melbourne pada 14 November dan bertandang ke Stadion Utama Gelora Bung Karno, Jakarta, 19 November, untuk melawan Timnas Indonesia.

[Gambas:Video ]

(har)




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *