DKI Gelar Vaksinasi Anak 6-11 Tahun di SD dan Puskesmas Besok



Jakarta, Indonesia —

Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta akan memulai proses vaksinasi Covid-19 bagi anak usia 6-11 tahun besok, Selasa (14/12).

Insya Allah besok. Besok launching vaksin anak,” kata Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Dinkes DKI Jakarta, Dwi Oktavia saat dihubungi, Senin (13/12).

Dwi mengatakan vaksinasi Covid-19 akan dilaksanakan di sekolah dasar atau sederajat yang ditetapkan bersama pihak sekolah dan puskesmas.

“Selain di sekolah, juga bisa dilaksanakan di fasilitas kesehatan atau pos vaksin,” ujarnya.

Sebelumnya, Plt. Direktur Jenderal Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Kementerian Kesehatan (Kemenkes) Maxi Rein Rondonuwu mengatakan vaksinasi Covid-19 pada anak bakal digelar secara bertahap, dimulai di beberapa daerah besok.

“Kami harapkan hari Selasa (14/2) sudah dilakukan kick off di beberapa daerah yang akan kami tetapkan dan selanjutnya program vaksinasi secara bertahap sampai tahun depan akan kita lakukan bertahap pada semua anak usia 6-11 tahun,” kata Maxi dalam diskusi virtual di YouTube Subdit Imunisasi Kemenkes, Minggu (12/12).

Berdasarkan data Kemenkes, sebanyak 26,8 juta anak usia 6-11 tahun bakal diberikan vaksin Covid-19 secara bertahap. Sebanyak 8.851.681 anak usia 6-11 tahun menjadi sasaran vaksinasi Covid-19 anak tahap pertama. 

Tahap pertama akan dilaksanakan di provinsi dan kabupaten/kota dengan kriteria cakupan vaksinasi dosis satu di atas 70 persen dan cakupan vaksinasi lansia di atas 60 persen.

Beberapa kabupaten/kota yang telah mencapai kriteria tersebut tersebar di Banten, Yogyakarta, DKI Jakarta, Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur, Kalimantan Timur, Kepulauan Riau, Nusa Tenggara Barat, Sulawesi Utara, dan Bali.

“Ada 6,4 juta dosis untuk Desember ini [dibagikan ke daerah tersebut] dan akan ada tambahan Januari 2022 vaksin Sinovac dari Dirjen Farmalkes dan sudah datang,” kata Maxi.

(yoa/fra)

[Gambas:Video ]




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *