Doa yang Sebaiknya Dipanjatkan Saat Hujan Turun agar Tidak Banjir



Jakarta, Indonesia

Akhir-akhir ini, hujan sering mengguyur sebagian wilayah di Indonesia. Di kota besar seperti Jakarta dan wilayah penyangga lainnya, hujan bahkan menyebabkan genangan dan banjir yang cukup tinggi.

Meski demikian, hujan sejatinya adalah berkah yang diturunkan oleh Allah SWT. Manusia tetap harus mengucap syukur dan memanjatkan doa setiap kali hujan turun.

Sebagaimana dilansir dari NU Online, ada doa yang sebaiknya dipanjatkan saat hujan mulai mengguyur. Berikut doa turun hujan yang harus dipanjatkan.

. اَللَّهُمَّ صَيِّبًا هَنِيًّا وَسَيِّبًا نَافِعًا

Allâhumma shayyiban haniyyâ wa sayyiban nâfi’â.

Artinya;

Wahai Tuhanku, jadikan ini hujan terpuji kesudahannya dan menjadi aliran air yang bermanfaat.

Sementara itu, Rasulullah SAW mengajarkan agar umat Islam juga memohon petunjuk dan berdoa agar hujan yang turun tidak jadi bencana. Salah satunya banjir yang memang kerap terjadi di Indonesia

Rasulullah SAW mengajarkan agar umat Islam memanjatkan doa berikut ini. Agar hujan yang turun tidak jadi bencana dan banjir

اللَّهُمّ حَوَالَيْنَا وَلَا عَلَيْنَا ,اللَّهُمَّ عَلَى الْآكَامِ وَالْجِبَالِ وَالظِّرَابِ وَبُطُونِ الْأَوْدِيَةِ وَمَنَابِتِ الشَّجَرِ

Allāhumma hawālainā wa lā ‘alainā. Allāhumma ‘alal ākāmi wal jibāli, waz zhirābi, wa buthūnil awdiyati, wa manābitis syajari.

Artinya;

Ya Allah, turunkanlah hujan di sekitar kami (memberkahi), bukan di atas kami (memudharatkan). Ya Allah, turunkanlah hujan ke dataran tinggi, gunung-gunung, bukit-bukit, perut lembah, dan tempat tumbuh pohon.

Itulah doa-doa yang sebaiknya dipanjatkan setiap kali hujan turun.

(tst/wiw)

[Gambas:Video ]




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *