DPR Gelar Uji Kelayakan Herindra Jadi Kepala BIN Besok




Jakarta, Indonesia

Ketua DPR Puan Maharani mengatakan DPR akan menggelar uji kepatutan dan kelayakan atau fit and proper test bagi Herindra sebagai calon Kepala Badan Intelijen Negara (BIN) pada Rabu (16/10) esok.

“Insya Allah akan dilaksanakan fit and proper-nya atau pertimbangan dari DPR-nya itu Insya Allah besok pagi di DPR,” kata Puan di Kompleks MPR/DPR, Senayan, Jakarta, Selasa (15/10).


ADVERTISEMENT


SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Puan mengatakan Herindra ditunjuk oleh Presiden Jokowi tertuang dalam surat presiden (Surpres) Nomor R51 tanggal 10 Oktober perihal Permohonan Pertimbangan Pemberhentian dan Pengangkatan Kepala BIN.

Puan pun memutuskan DPR membentuk tim khusus yang memiliki tugas untuk membahas pertimbangan bagi calon Kepala BIN baru tersebut lantaran alat kelengkapan dewan belum terbentuk. Tim ini berisikan tiga orang perwakilan dari tiap-tiap fraksi di DPR.

Herindra kini masih menjabat sebagai Wakil Menteri Pertahanan. Jika terpilih sebagai Kepala BIN, maka ia akan menggantikan Budi Gunawan yang telah menjabat kepala BIN sejak 2016 lalu.

Herindra merupakan lulusan Akademi Militer tahun 1987. Ia pensiun dari TNI dengan pangkat Letnan Jendral dengan jabatan terakhir sebagai Kasum TNI.

(rzr/ugo)

[Gambas:Video ]




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *