Dramatis, Bagnaia Menang dan Martin Kedua




Jakarta, Indonesia

Francesco Bagnaia berhasil menang MotoGP Thailand 2024 disusul Jorge Martin di posisi kedua di Sirkuit Internasional Buriram, Minggu (27/10).

Balapan MotoGP Thailand 2024 berlangsung seru sejak start dalam kondisi hujan dan trek basah.

Usai start, Jorge Martin langsung melesat untuk mengambil alih posisi terdepan. Fabio Quartararo sempat menyodok ke posisi kedua, namun kemudian Francesco Bagnaia muncul untuk mengambil alih urutan kedua menjelang tikungan ketiga di lap pertama.


ADVERTISEMENT


SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Kemudian di pertengahan lap pertama Marc Marquez berhasil naik ke posisi ketiga.

Pada lap kedua, Jorge Martin berhasil memperlebar jarak dengan Bagnaia menjadi 0,8 detik.

Memasuki lap ketiga, posisi belum berubah Martin masih memimpin diikuti Bagnaia, Marquez, dan Quartararo.

Di lap keempat Marco Bezzecchi tergelincir di tikungan satu. Meski bisa langsung bangkit usai terjatuh, namun Bezzecchi tidak melanjutkan balapan.

Sesaat kemudian Fabio Quartararo yang berada di posisi keempat tergelincir di tikungan kedelapan. Meski terjatuh, Quartararo kembali melanjutkan balapan dari posisi ke-21.

Pada lap kelima, Martin melakukan blunder dengan kehilangan racing linenya sehingga membuatnya sedikit keluar dari lintasan.

Situasi ini dimanfaatkan Bagnaia untuk merebut posisi terdepan dan Marquez naik ke posisi ketiga. Sedangkan Martin menjadi berada di posisi ketiga.

Pada lap kedelapan Franco Morbidelli harus kehilangan posisi kedelapan setelah terjatuh di sektor tiga. Kemudian di lap kesembilan Enea Bastianini tergelincir di tikungan ketiga.

Persainghan makin ketat di akhir lap kesembilan, Marquez sempat menyalip Bagnaia tapi bisa kembali disalip Pecco untuk kembali memimpin.

Sementara jarak Bagnaia dengan Marquez menjadi 0,2 detik, sedangkan Marquez ke Martin menjadi 0,4 detik.

Pada lap ke-13 Marquez sempat menyalip Bagnaia, tapi lagi-lagi Bagnaia bisa menyalip Baby Alien untuk kembali mengamankan posisi terdepan.

Di lap ke-14 Marquez tergelincir usai bannya mengalami slip dan tergelincir di tikungan saat berusaha menempel lebih dekat Bagnaia.

Marquez sempat berusaha mempertahankan motornya agar tidak tergelincir terlalu jauh keluar lintasan. Marquez bangkit meski harus kembali melanjutkan balapan di posisi ke-16. Di tribune, tampak seorang fans cilik menangis usai Marquez terjatuh.

Sementara Jorge Martin memanfaatkan momentum terjatuhnya Marquez ini untuk naik ke posisi kedua dan tertinggal 2,7 detik dari Bagnaia. sedangkan Jack Miller naik ke posisi ketiga.

Pada lap ke-23 duel sengit perebutan posisi ketiga terjadi antara Pedro Acosta dan Jack Miller. Keduanya saling bergantian mendahului. Acosta akhirnya berhasil merebut posisi ketiga.

Akhirnya Bagnaia berhasil keluar sebagai juara MotoGP Thailand 2024 disusul Martin di posisi kedua dan Acosta di tempat ketiga.

(rhr)




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *