Dua Minggu Jelang Pilpres AS, Kamala Harris Unggul dari Trump




Jakarta, Indonesia

Calon Presiden Amerika Serikat dari Partai Demokrat, Kamala Harris, masih unggul tipis atas calon presiden asal Partai Republik, Donald Trump, dalam survei terbaru yang dilakukan oleh beberapa lembaga.

Dalam survei harian yang dilakukan FiveThirtyEight, Harris unggul tipis atas Trump dengan perolehan dukungan sebesar 48,1 persen hingga Rabu (23/10). Sementara itu, Trump memperoleh dukungan 46,4 persen.


ADVERTISEMENT


SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Hasil yang sama juga ditunjukkan oleh survei yang dilakukan Reuters/Ipsos. Berdasarkan hasil survei yang dilakukan pada Selasa (22/10), Kamala unggul 3 poin atas Trump dengan perolehan dukungan sebesar 46 persen. Sementara itu, Trump hanya memperoleh dukungan sebesar 43 persen.

Namun, survei yang dirilis Washington Post pada Senin (21/10) lalu menunjukkan hasil yang cukup berbeda. Berdasarkan hasil survei tersebut, Kamala dan dan Trump memperoleh persentase dukungan yang sama, yakni sebanyak 47 persen.

Secara garis besar, Kamala dan Trump imbang di tujuh negara bagian yang krusial dalam pilpres AS. Ketujuh negara bagian tersebut meliputi Pennsylvania, North Carolina, Georgia, Michigan, Arizona, Wisconsin, dan Nevada.

Pennsylvania hingga Nevada menjadi negara bagian krusial lantaran menjadi penentu kemenangan Kamala dan Trump di pilpres AS. Dengan kata lain, siapa yang bisa mendapatkan suara mayoritas dari ketujuh negara bagian tersebut, mereka berpeluang besar untuk memenangkan pilpres AS 2024.

Pilpres AS sendiri akan dihelat pada 5 November mendatang. Kini sudah ada sejumlah negara bagian yang dilaporkan sudah melakukan early vote. Beberapa di antaranya, seperti Georgia dan North Carolina.

(gas/dna)


[Gambas:Video ]




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *