Dukung Kelompok Rentan Covid, Gojek Vaksinasi 5 Ribu Bumil dan Busui



Jakarta, Indonesia —

Gojek melalui fitur Gotix menyelenggarakan sentra vaksinasi Covid-19 yang khusus menyasar ibu hamil (bumil) dan ibu menyusui (busui) di Rumah Sakit St. Carolus, Salemba, Jakarta, dengan menargetkan 5 ribu penerima vaksin pada Agustus lalu.

Head of GoTix Tubagus Utama memaparkan, GoTix dan LOKET telah membuka sejumlah sentra vaksinasi Covid-19, yang menjadi wujud komitmen Gojek dalam mendukung percepatan program vaksinasi nasional.

Menurut dia, inisiatif tersebut merupakan hasil kolaborasi dengan berbagai pihak yang memiliki kesamaan misi, yaitu menekan kasus Covid-19 pada bumil dan busui selaku kelompok rentan.

“Kami membuka Sentra Vaksinasi Covid-19 yang diperuntukkan khusus bagi para ibu hamil (bumil) dan ibu menyusui (busui) untuk meningkatkan #ProteksiEkstra bagi mereka dan juga yang disayangi,” kata Tubagus.

Sentra vaksinasi khusus bumil dan busui ini ditegaskan digelar dengan mengikuti arahan Kementerian Kesehatan. Melalui surat edaran HK.02.01/I/2007/2021, Kemenkes menyatakan bahwa ibu hamil boleh menerima vaksin Covid-19. Surat tersebut diterbitkan sebagai tindak lanjut atas perkembangan kasus yang terus meningkat, seiring pertambahan kasus ibu hamil yang positif Covid-19.

Kemenkes juga menyebut, wanita hamil memiliki peningkatan risiko bergejala berat apabila terinfeksi Covid-19. Jika wanita hamil memiliki penyakit penyerta, maka risiko juga akan semakin tinggi.

Di sisi lain, pertimbangan pemberian vaksin untuk ibu hamil ini juga mengacu kepada rekomendasi Komite Penasihat Ahli Imunisasi Nasional (Itagi) agar pemerintah mulai menyasar program vaksinasi Covid-19 kepada dua kelompok rentan, yakni ibu hamil dan anak usia 12-17 tahun.

Sebelumnya, ekosistem Gojek juga telah melakukan beragam inisiatif sebagai kontribusi upaya menekan penyebaran kasus Covid-19, serta mempercepat proses vaksinasi di Indonesia. Misalnya dengan memberikan sosialisasi berbagai konten edukasi melalui GoMed, hingga kuis kesiapan vaksinasi Covid-19 bagi pengguna aplikasi Gojek.

Selain itu, berkolaborasi dengan pemangku kepentingan di berbagai kota, Gojek juga menyelenggarakan vaksinasi yang menjangkau ekosistem Gojek, meliputi mitra driver Gojek, mitra UMKM, serta pekerja sektor pariwisata dan ekonomi kreatif.

(rea)




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *