Dulu Terpencil, Greenland Kini Mudah Dikunjungi Berkat Bandara Baru




Jakarta, Indonesia

Salah satu destinasi wisata terpencil dan terindah di dunia, Greenland, mengambil langkah untuk membuka lebih banyak kunjungan wisatawan ke negara mereka.

Greenland, pulau yang luas dan misterius di Samudra Atlantik Utara, akan membuka bandara internasional baru di luar ibu kotanya, Nuuk. Selain itu, rute perjalanan dari Kopenhagen ke Greenland telah dijadwalkan.

Lima penerbangan mingguan akan beroperasi sepanjang musim dingin, lalu akan meningkat enam penerbangan per minggu selama musim liburan dan delapan penerbangan selama musim panas.


ADVERTISEMENT


SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Seperti dilansir dari Time Out, operator penerbangan Amerika Serikat, United Airlines, juga mengumumkan rencana untuk penerbangan langsung dari New York ke Greenland sepanjang bulan-bulan musim panas.

Pembangunan bandara baru ini dimulai pada tahun 2020, dengan tanggal peluncuran tahun 2023, tetapi proyek tersebut tertunda karena pandemi Covid-19.

Sekarang bandara internasional baru ini akan mulai beroperasi secara resmi pada 28 November 2024.

Dua bandara lagi di Greenland selatan (di Ilulissat dan Qaqortoq) akan dibuka pada tahun 2026, yang berarti pengunjung akan dapat melakukan perjalanan dari kedua sisi pulau hanya dalam waktu satu setengah jam.

Perwakilan dari Greenland Airports dan Visit Greenland mengatakan bahwa jaringan transportasi baru tersebut, ditambah dengan upaya untuk memamerkan pemandangan keindahan alam Greenland akan menarik lebih banyak pengunjung.

Pada tahun 2019, Greenland menyambut 100 ribu pengunjung (46 ribu di antaranya melalui pelayaran). Meskipun pemerintah ingin menampung lebih banyak orang, ada keseimbangan yang harus dicapai.

“Greenland punya begitu banyak pengalaman unik untuk ditawarkan kepada wisatawan, dan jika kita menginginkan lebih banyak (wisatawan) lagi, maka pesan dan pengetahuannya harus disebarkan lebih luas lagi daripada yang sudah dilakukan saat ini,” kata Hjörtur Smárason, direktur Visit Greenland kepada Independent.

“Pada saat yang sama, kita ingin tumbuh secara bertanggung jawab dan dengan wisatawan yang tepat, jadi kita juga harus mencari mitra yang bisa membantu dalam hal itu,” tambahnya.

Pembukaan bandara ini bukan hanya akan berarti bagi wisatawan mancanegara, melainkan juga akan mudah bagi penduduk Greenland untuk bepergian ke luar negeri.

“Kami telah ditutup dari seluruh dunia, dan sekarang kami akan membuka diri terhadap dunia. Sangat menyenangkan kami akan memiliki kesempatan untuk bepergian dari sini ke negara lain,” kata salah satu warga Greenland kepada BBC.

(aur/wiw)

[Gambas:Video ]




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *