Epidemiolog Sebut Penduduk Dunia akan Hadapi Tsunami Long Covid


Jakarta, Indonesia —

Epidemiolog Universitas Griffith Australia, Dicky Budiman menyebut penduduk dunia akan menghadapi ‘tsunami long Covid‘ dalam tiga hingga lima tahun ke depan.

Menurut Dicky, peristiwa tsunami long Covid dunia bukan hal yang aneh. Sebab, peristiwa itu jelas disebutkan dalam sumber literatur mengenai pandemi virus.

“Long Covid ini akan jadi tsunami, akan jadi tsunami dunia mungkin 3-5 tahun ke depan dan itu bukan hal aneh dalam setiap pandemi virus,” kata Dicky dalam diskusi virtual, Jumat (3/12).

Menurut Dicky, peristiwa long covid dalam jumlah banyak itu mengakibatkan kualitas sumber daya manusia menurun. Karenanya, ia mengingatkan bahwa mencegah penularan Covid-19 merupakan langkah yang lebih baik.

Selain itu, Dicky juga menyebut bahwa masalah perubahan iklim yang saat ini sedang menjadi momok banyak negara di dunia berkaitan dengan pandemi.

Dicky menjelaskan perubahan iklim akan membuat habitat dari bintang-binatang liar menjadi hilang atau berkurang. Dampaknya, jumlah beberapa spesies di dunia juga akan berkurang atau bahkan mengalami kepunahan.

Hal ini, kata Dicky, akan membuat virus atau parasit pada binatang yang punah tersebut mencari inang baru. Wujudnya, bisa hewan maupun manusia.

“Kemusnahan dari spesies hewan ini akan berimplikasi pada si virus yang ada atau parasit yang ada di hewan ini akan mencari inang baru, tuan rumah baru dan itu bisa hewan bisa manusia,” kata Dicky.

Padahal, jumlah virus di dunia kurang lebih mencapai 1,6 juta jenis. Setengah dari 1,6 juta virus tersebut berpotensi menyebabkan penyakit pada manusia.

Di sisi lain, kata Dicky, baru satu persen dari setengah virus yang bisa menular pada manusia itu diketahui oleh pakar. Jenis virus lainnya terdapat pada binatang liar yang hingga saat ini belum diketahui.

“Nah, kalau sampai spesies ini musnah ya virusnya itu yang tadi saya sampaikan bisa berpotensi menjadi wabah itu pindah. Nah di situlah potensi pandemi terjadi karena apa? Karena ya tadi perubahan iklim, ada yang membuat habitat dan ekosistem menjadi rusak,” tuturnya.




Infografis Cara Meredam Long CovidInfografis Cara Meredam Long Covid. (Foto: Dok. BNPB)

(pmg/pmg)

[Gambas:Video ]




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *