Evakuasi Waspada Tsunami, Jalan Menuju Bukit Nilo NTT Macet



Jakarta, Indonesia —

Warga Maumere, Flores Utara, Nusa Tenggara Timur (NTT) berhamburan usai peringatan dini tsunami akibat gempa berkekuatan magnitudo 7,5 yang mengguncang kawasan tersebut. Warga berduyun-duyun menuju Bukit Nilo untukmenyelamatkan diri.

Jurnalis Trans7 Rivo Pahlevi dalam laporannya kepada Indonesia TV menyatakan, warga terlihat panik saat berusaha menyelamatkan diri. Arus lalu lintas juga tersendat karena banyak warga yang mengarah menuju Bukit Nilo untuk menyelamatkan diri.

“Sekarang sedang macet di mana-mana menuju daerah perbukitan, daerah gunung,” kata Rivo dalam laporannya kepada Indonesia TV, Selasa (14/12).

Rivo menjelaskan, Bukit Nilo merupakan lokasi evakuasi terdekat. Jaraknya sekitar 5 kilometer dari Maumere.

Ia juga menyebutkan bahwa perkampungan di kawasan utara Maumere juga sudah lumayan sepi, karena warga sudah mulai menuju arah perbukitan untuk evakuasi.

“Karena kendaraan roda empat sudah keluar rumah semua dan memenuhi jalanan untuk ke Bukit Nilo. Yang tadi mengarah ke laut, sekarang kembali lagi ke arah perbukitan, itu yang membuat macet,” jelas dia.

Rivo menggambarkan suasana sempat mencekam usai gempa dan peringatan dini tsunami. Saat gempa, ia melihat beberapa billboard dan galon air mineral terguncang.

“Itu jadi indikator bahwa gempanya kuat sekali, teman kami yang di dalam kendaraan merasakan getaran yang begitu hebat,” ungkapnya.

Sebelumnya, gempa dengan M 7,5 mengguncang Larantuka, NTT. BMKG kemudian memutakhirkan data menjadi M 7,4.

BMKG menyebut tsunami setinggi 7 centimeter pasca-gempa bumi dengan magnitudo 7,4 menerjang dua wilayah di Nusa Tenggara Timur (NTT).

(dmi/ugo)

[Gambas:Video ]




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *