Fadli Zon Pasang Ambisi Indonesia Jadi Ibu Kota Budaya Dunia




Jakarta, Indonesia

Menteri Kebudayaan Fadli Zon mengaku bercita-cita agar Indonesia dapat berkembang menjadi ibu kota budaya dunia. Keinginan itu diutarakan setelah Fadli Zon dilantik menjadi menteri pada Senin (21/10).

Ia menjelaskan harapan itu tidak lepas dari status budaya Indonesia sebagai salah satu aset nasional yang melimpah dan layak diperhitungkan.


ADVERTISEMENT


SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

“Kita harus menjadikan budaya ini adalah treasure, kekayaan nasional. Jadi, kekayaan nasional kita ini bukan hanya nikel, batubara, minyak dan gas, tapi budaya kita sebenarnya kekayaan yang luar biasa,” ujar Fadli Zon saat serah terima jabatan Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi di Kantor Kemendikbudristek, Senin (21/10).

“Inilah yang akan kita lakukan. Mudah-mudahan Indonesia bisa menjadi ibu kota budaya dunia, bisa menjadi The Capital of World Culture,” lanjutnya.


Fadli Zon kemudian juga berharap Indonesia bisa menjadi tuan rumah forum budaya dunia seperti World Cultural Forum.

Ia mengibaratkan kontribusi itu sama seperti ajang World Economic Forum 2024 yang digelar di Davos, Swiss. Politikus Partai Gerindra itu juga berharap ajang tersebut bisa diadakan reguler di Indonesia.

[Gambas:Video ]

“Mudah-mudahan bisa dilakukan secara reguler di sini. Mungkin di Davos ada World Economic Forum, di Indonesia bisa World Cultural Forum,” ungkap Fadli.

Dalam kesempatan itu, Fadli Zon juga menjelaskan alasan Kementerian Kebudayaan dibentuk Presiden RI Prabowo Subianto. Ia menyebut urusan budaya itu berdiri sendiri karena Prabowo berkomitmen memajukan kebudayaan Indonesia.

Fadli Zon kemudian ditugaskan untuk memimpin kementerian itu, terutama fokus mengurus bidang budaya di Indonesia yang melimpah dari berbagai sektor.

“Pak Prabowo sebagai mempunyai komitmen untuk memajukan kebudayaan Indonesia yang sangat kaya, karenanya kemudian menjadikan Kementerian Kebudayaan ini terpisah,” ujar Fadli Zon.

“Ini adalah satu tonggak sejarah, untuk kali pertama Kementerian Kebudayaan menjadi kementerian sendiri. sehingga lebih fokus mengurus kebudayaan kita yang sangat kaya,” lanjutnya.

Fadli Zon resmi diumumkan sebagai Menteri Kebudayaan dalam jajaran Kabinet Merah Putih pemerintahan Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka 2024-2029.

Pengumuman itu disampaikan oleh Presiden Prabowo Subianto pada Minggu (20/10) di Istana Merdeka Jakarta. Fadli Zon sebelumnya muncul di kediaman Prabowo di Jalan Kertanegara Kebayoran Baru Jakarta Selatan pada Senin (14/10).

Terlepas dari urusan politik, Fadli Zon memiliki minat yang tinggi akan seni budaya selain daripada ia merupakan lulusan doktoral UI dalam bidang sejarah.

Ia mendirikan Fadli Zon Library di Jakarta Pusat, Pendiri Rumah Kreatif Fadli Zon, Cimanggis, Depok, Rumah Budaya di Aie Angek, Tanah Datar, Sumatera Barat, dan Dewan Pembina Rumah Puisi Taufiq Ismail di Aia Angek.

Selain dikenal dengan karier politik, Fadli Zon juga dikenal memiliki koleksi antik, yakni perangko dan keris. Seperti diberitakan detikcom pada 2017, Fadli mengaku memiliki koleksi hingga 1.000 keris.

(frl/end)




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *