FIFA Tidak Bisa Diintervensi Bahrain




Jakarta, Indonesia

Sekjen PSSI Yunus Nusi menyatakan FIFA tidak bisa diintervensi kepentingan eksternal terkait venue laga Timnas Indonesia vs Bahrain di Kualifikasi Piala Dunia 2026.

Yunus berpendapat permintaan Bahrain untuk memindahkan lokasi pertandingan di luar Indonesia tidak akan disetujui oleh FIFA tanpa peninjauan objektif.

“Kami yakin FIFA itu punya manajemen organisasi yang objektif. Saya rasa kurang yakin kalau FIFA mengakomodasi keinginan Bahrain [pindah arena]. Kami tahu bagaimana FIFA tidak bisa diintervensi oleh pihak manapun walaupun kita tahu Presiden AFC dari Bahrain,” kata Yunus di Jakarta, Jumat (25/10).


ADVERTISEMENT


SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

“Saya memandangnya berdasarkan pengalaman, kalau ini toh diakomodasi, FIFA pasti datang ke Indonesia untuk bertanya pada federasi dan pemerintah apakah sanggup dan aman,” ia menambahkan.

Lebih lanjut Yunus menyampaikan optimisme FIFA akan tetap setuju pertandingan Indonesia vs Bahrain tetap sesuai rencana adalah dengan melihat rekam jejak penyelenggaraan turnamen internasional. Piala Dunia U-17 2023 jadi bukti Indonesia dapat mengadakan kejuaraan tingkat dunia tanpa masalah berarti.

“FIFA sudah melihat kami menyelenggarakan Piala Dunia U-17 tahun lalu yang berjalan lancar. Australia, Vietnam, dan Filipina [di Kualifikasi Piala Dunia 2026] bertandang ke sini dan dilayani dengan baik serta tidak ada hal-hal yang merugikan,” ujarnya.

“Maka kami sangat optimistis bahwa apapun yang diinginkan oleh Bahrain, FIFA tidak secepat itu untuk merespon dan memindahkan pertandingan. Kami yakin tetap di Indonesia,” ia melanjutkan.

Bahrain dijadwalkan kembali bersua skuad Garuda di Indonesia pada lanjutan Kualifikasi Piala Dunia 2026, 25 Maret 2025.

Bahrain dan Indonesia sama-sama berada di Grup C pada fase ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026. Saat ini Bahrain berada di peringkat keempat klasemen sementara dengan lima angka, sedangkan Timnas Indonesia menempati urutan kelima dengan tiga poin.

Jepang masih perkasa di puncak klasemen Grup C dengan 10 poin. Tim Samurai akan bertanding lawan Timnas Indonesia di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Jakarta, pada 15 November mendatang.

[Gambas:Video ]

(ikw/jun)




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *