Folie Deux Bisa Rugi Sampai Rp3,1 Triliun




Jakarta, Indonesia

Joker: Folie à Deux diprediksi bisa rugi bandar hingga US$200 juta yang setara dengan Rp3,1 triliun (Rp15.595) menyusul perolehan global hingga pekan keduanya hanya mampu mendulang US$165 juta.

Jumlah tersebut masih jauh dari sekadar cukup untuk menutupi ongkos produksi yang menyentuh US$200 juta, dan belum termasuk biaya promosi yang mencapai sekitar US$100 juta.


ADVERTISEMENT


SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Menurut sumber Variety seperti yang dirilis pada Senin (14/10), Joker 2 disebut baru mencapai break even point atau impas bila memperoleh US$375 juta.

Sementara itu, perjuangan Joker 2 semakin berat mengingat pendapatan hingga saat ini, yakni US$165 juta, belum dibagi antara studio dan bioskop. Sehingga saat ini, ditaksir studio baru mendapatkan sekitar US$82,5 juta dari kebutuhan balik modal US$375 juta.


Namun pihak Warner Bros. membantah prediksi tersebut dan menyebut film ini masih berpeluang untuk terus mendulang pundi-pundi. Apalagi Joker 2 juga dijadwalkan ditayangkan di platform home entertainment milik mereka pada 29 Oktober.

“Perkiraan apa pun yang disebut oleh ‘orang dalam’ anonim atau ‘eksekutif pesaing’ sangat salah dan melanjutkan tren di mana rumor dilaporkan sebagai fakta,” kata juru bicara Warner Bros Discovery menanggapi kabar tersebut.

[Gambas:Video ]

“Film ini terus diputar di bioskop, termasuk pembukaan minggu ini di China, dan akan terus mendapatkan pendapatan melalui penayangan di rumah dan pemutaran tambahannya,” lanjutnya.

Pendapatan Joker 2 ini jelas jauh bertolak belakang dengan perolehan film pendahulunya pada 2019 yang mencapai US$1 miliar secara tak terduga, dengan rincian US$335 juta dari domestik Amerika Utara dan US$743,4 juta dari pasar internasional.

Kejatuhan Joker ini terlihat sejak film tersebut mendapatkan nilai merah dari para kritikus hingga hanya mencapai kurang dari 40 persen, dan ulasan buruk dari mulut ke mulut soal film ini.

Joker: Folie à Deux melanjutkan perjalanan Arthur Fleck yang menjadi pasien di Arkham State Hospital. Kisah itu melibatkan banyak karakter dari semesta Gotham, seperti Harley Quinn hingga Harvey Dent.

Arthur Fleck (Joaquin Phoenix) mendekam di Arkham Asylum setelah membunuh lima orang ketika menjadi Joker dua tahun lalu. Kini, Fleck bersiap menghadapi persidangan untuk mengadili perbuatannya.

Ia menghadapi persidangan itu dengan penuh rasa hampa. Namun, perasaan itu mulai sirna ketika Fleck berkenalan dengan pasien lain bernama Harleen Quinzel (Lady Gaga).

Perempuan yang akrab disapa Harley Quinn itu jatuh cinta dengan Arthur Fleck saat dirinya menjadi Joker. Mereka kemudian bersama-sama membuat kegaduhan di Arkham hingga Gotham.

Proyek sekuel ini dikembangkan sejak Juni 2022 dan mulai syuting pada akhir 2022 hingga April 2023. Joker: Folie à Deux lalu tayang perdana di Venice International Film Festival 2024.

[Gambas:Youtube]

(end)




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *