Ganjil Genap Akan Diterapkan di Tempat Wisata Jakarta saat Tahun Baru



Jakarta, Indonesia —

Direktorat Lalu Lintas Polda Metro Jaya akan menerapkan kebijakan ganjil genap di tempat wisata di Jakarta saat libur Tahun Baru 2022.

Kendati demikian, kebijakan ini masih menunggu keputusan dari Pemprov DKI Jakarta apakah tempat wisata akan dibuka atau ditutup pada 1 Januari mendatang.

“Untuk tempat wisata pada tanggal 1 Januari nanti akan dibicarakan, apakah tetap dibuka atau nanti akan ditutup untuk mencegah terjadinya kerumunan di tempat wisata,” kata Dirlantas Polda Metro Jaya Kombes Sambodo Purnomo Yogo di Polda Metro Jaya, Kamis (23/12).

Dia menyampaikan jika keputusan Pemprov DKI adalah membuka tempat wisata, maka kebijakan ganjil genap akan diterapkan.

“Seandainya dibuka, maka kami akan melaksanakan ganjil-genap di tempat wisata tersebut,” ucap Sambodo.

Sementara itu, kebijakan crowd free night (CFN) di malam pergantian tahun akan diterapkan di 10 kawasan di ibu kota. Kebijakan ini diterapkan pada Jumat (31/12) pukul 22.00 WIB hingga 04.00 WIB.

“Khusus untuk pengamanan pada malam tahun baru akan dilaksanakan crowd free night atau penutupan kawasan di 10 kawasan,” tutur Sambodo.

10 kawasan itu berada di Jalan Sudirman-Thamrin, kawasan Kemang, Bulungan dan Barito, Senopati-Gunawarman-SCBD, Jalan Asia Afrika, Kota Tua, Banjir Kanal Timur, Kemayoran, Kelapa Gading, hingga Monas.

Diketahui, Polri juga menggelar Operasi Lilin 2021 pengamanan Nataru mulai Kamis (23/12) hingga 2 Januari 2022 dengan melibatkan 177.212 personel gabungan.

Ratusan ribu personel gabungan itu disebar ke 19.464 pos pengamanan dan 1.082 pos pelayanan. Selain itu, juga dilakukan pengamanan di 54.959 objek di seluruh Indonesia.

Mulai dari gereja, tempat wisata, pusat perbelanjaan, objek perayaan tahun baru, terminal, pelabuhan, stasiun kereta api dan bandara.

(dis/pmg)

[Gambas:Video ]




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *