Gempa M 5,9 Guncang Turki, Warga Lari Berhamburan ke Jalan




Jakarta, Indonesia

Sejumlah wilayah di timur Turki diguncang gempa magnitudo 5,9 pada Rabu (16/10) waktu setempat. Belum ada laporan kerusakan maupun korban jiwa akibat gempa ini.

“Sampai saat ini belum ada korban jiwa maupun kerusakan harta benda pascagempa berkekuatan 5,9 skala Richter tersebut,” demikian laporan Badan Penanggulangan Bencana Turki, dikutip AFP.


ADVERTISEMENT


SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Gempa bumi tersebut terjadi sekitar pukul 10.46 pagi waktu setempat di wilayah Malatya. Wilayah ini juga diguncang gempa besar pada Februari 2023 lalu, yang menewaskan lebih dari 53 ribu orang.

Guncangan gempa terasa kuat di beberapa kota besar di wilayah itu, termasuk Diyarbakir yang terletak sekitar 140 kilometer ke wilayah tenggara.

Saat merasakan gempa, penduduk di beberapa kota sempat lari berhamburan ke jalan, sebagian lainnya berlindung saat gempa terjadi.

Tak lama setelah laporan tersebut, Menteri Dalam Negeri Turki Ali Yerlikaya mengatakan tiga bangunan “runtuh sebagian” di tiga area terpisah. Layanan darurat juga menerima belasan panggilan bantuan pasca gempa tersebut.

Pejabat di Malatya juga mengatakan tidak ada “perkembangan negatif” yang dilaporkan hingga kini. Namun gubernur provinsi itu mengumumkan penutupan sekolah dasar dan menengah hingga esok.

(dna)





Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *