Gol Thom Haye, China vs Indonesia 2-1




Jakarta, Indonesia

Timnas Indonesia berhasil memperkecil ketertinggalan menjadi 1-2 lawan China pada menit ke-86 dalam laga lanjutan Grup C putaran ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026 di Stadion Qingdao Youth, Selasa (15/10). Gol dicetak Thom Haye berawal dari lemparan ke dalam jarak jauh Pratama Arhan.

Pada menit ke-10 Indonesia mampu membuka peluang bagus lewat Witan Sulaeman. Namun upaya Witan bisa digagalkan kiper China Wang Dalei.

Sayangnya pada menit ke-21 Indonesia harus tertinggal 0-1 lewat gol penyerang China Baihelamu Abuduwaili.


ADVERTISEMENT


SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Gol berawal dari kesalahan antisipasi bek Timnas Indonesia Shayne Pattynama yang mengira bola sudah meninggalkan lapangan. Tapi pemain China Jiang Shenglong hadir untuk mencuri bola dan mengirimkan umpan untuk Baihelamu yang melepaskan tembakan menjadi gol.

Di menit ke-39 Timnas Indonesia mampu mengancam gawang China lewat tembakan Calvin Verdonk, namun masih bisa diblok kiper lawan.

Pada menit ke-44 China mampu menambah keunggulan menjadi 2-0 lewat gol Zhang Yuning usai meneruskan umpan Gao Zhunyi.

Di menit ke-48 Indonesia kembali mengancam gawang China lewat tembakan jarak jauh Calvin Verdonk. Namun tendangannya masih bisa ditangkap kiper China. Hingga babak pertama berakhir tak ada gol tambahan yang tercipta. Indonesia sementara tertinggal 0-2 dari China.

Indonesia akhirnya berhasil mencetak gol untuk memperkecil kedudukan menjadi 1-2 lewat sepakan Thom Haye. Gol berawal dari lemparan ke dalam Pratama Arhan.

Dalam laga ini Shin Tae Yong kembali menerapkan formasi 3-4-3. Di posisi penjaga gawang STY kembali menurunkan Maarten Paes sebagai starter.

Kemudian Calvin Verdonk, Jay Idzes, dan Mees Hilgers akan berkolaborasi di lini belakang Timnas Indonesia.

Sementara di sektor bek sayap STY memasang Asnawi Mangkualam di kanan dan Calvin Verdonk di posisi wingback kiri.

Untuk posisi gelandang, Timnas Indonesia kembali mengandalkan duet Ivar Jenner dan Nathan Tjoe-A-On.

Sedangkan di posisi penyerang STY menurunkan tiga penyerang yaitu Ragnar Oratmangoen, Rafael Struick, dan Witan Sulaeman.

Susunan Pemain China vs Indonesia:

China XI: Wang Dalei; Jiang Guang Tai, Gao Zhunyi, Li Lei, Jiang Shenlong; Wang Shangyuan, Li Yuanyi, Wei Shihao, Xie Wenneng; Baihelamu Abuduwaili, Zhang Yuning

Indonesia XI: Maarten Paes; Jay Idzes, Mees Hilgers, Calvin Verdonk; Asnawi Mangkualam, Ivar Jenner, Nathan Tjoe-A-On, Shayne Pattynama; Ragnar Oratmangoen, Rafael Struick, Witan Sulaeman

(rhr/sry)




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *