Google Hapus Kaspersky dari Play Store, Cek Alasannya




Jakarta, Indonesia

Google menghapus aplikasi keamanan Android Kaspersky dari Google Play Store. Mereka juga menonaktifkan akun pengembang perusahaan asal Rusia tersebut.

Para pengguna melaporkan selama seminggu terakhir produk Kaspersky tidak lagi tersedia di Google Play di Amerika Serikat dan beberapa negara lainnya.

Salah seorang staf Kaspersky mengonfirmasi masalah ini di dalam forum resmi perusahaan. Ia mengatakan saat ini perusahaan sedang menyelidiki mengapa perangkat lunaknya tidak lagi tersedia di toko aplikasi Google.


ADVERTISEMENT


SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

“Download dan update produk Kaspersky untuk sementara tidak tersedia di Google Play Store,” kata seorang karyawan Kaspersky, mengutip BleepingComputer, Selasa (8/10).

Kaspersky, dalam keterangan resmi yang diterima Indonesia.com, mengonfirmasi masalah tersebut. Perusahaan mengatakan mereka saat ini “sedang menyelidiki keadaan di balik masalah tersebut dan menjajaki solusi potensial untuk memastikan bahwa pengguna produknya dapat terus mengunduh dan memperbarui aplikasi mereka dari Google Play”.

Perusahaan menduga keputusan Google tak lepas dari keputusan pemerintah Amerika Serikat yang melarang produk antivirus Kaspersky selepas 29 September.

Kaspersky mengatakan meski pembatasan ini tidak memiliki dampak hukum material di luar AS, Google secara sepihak memutuskan untuk menghapus produk mereka dari Google Play sebelum 29 September. Hal ini, kata mereka, akan menghilangkan akses pengguna di seluruh dunia ke solusi Kaspersky.

“Kami yakin keputusan Google didasarkan pada interpretasi berlebihan atas pembatasan AS, yang tidak didukung oleh konfirmasi dari Departemen Perdagangan AS,” kata Kaspersky dalam keterangannya.

“Tindakan pembatasan ini tidak melarang penjualan atau distribusi produk dan layanan Kaspersky di luar negeri. Kaspersky juga telah menyampaikan pemahaman ini kepada Departemen Perdagangan AS, dan kami berharap dapat segera menerima panduan tambahan dari Departemen tersebut,” lanjut mereka.

Sementara aplikasi-aplikasi tersebut tidak tersedia, Kaspersky menyarankan pengguna untuk menginstalnya dari toko aplikasi alternatif, termasuk Galaxy Store, Huawei AppGallery, dan Xiaomi GetApps. Aplikasi keamanan perusahaan juga dapat diinstal dengan mengunduh file instalasi .apk dari situs web Kaspersky.

Halaman dukungan ini menyediakan informasi lebih lanjut tentang cara menginstal dan mengaktifkan perangkat lunak Kaspersky di perangkat Android.

Departemen Perdagangan Amerika Serikat resmi melarang perangkat lunak antivirus Kaspersky di negaranya sejak Juni.

Larangan tersebut berimbas pada penjualan produk Kaspersky hingga layanan pembaruan antivirus dan keamanan kepada pelanggan.

Selain itu, Departemen Perdagangan AS juga memasukan AO Kaspersky Lab, OOO Kaspersky Group (Rusia), dan Kaspersky Labs Limited (Inggris) ke dalam Daftar Entitas untuk mencegah bisnis mereka di AS.

(dmi)

[Gambas:Video ]




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *