Grup B Piala AFF: Berharap Tuah Pemain Keturunan


Jakarta, Indonesia —

Persaingan Grup B Piala AFF 2021 (2020) diramaikan kehadiran pemain-pemain keturunan. Bahkan tuah mereka diharapkan menjadi kunci sukses.

Dari lima kontestan Grup B Piala AFF 2021, hanya dua tim yang tidak memiliki pemain naturalisasi, Vietnam dan Kamboja. Sementara Indonesia, Malaysia, dan Laos, sama-sama punya pemain keturunan.

Malaysia diperkuat tiga pemain keturunan yaitu Quentin Cheng, Dion Cools, dan Junior Eldstal; Indonesia punya satu pemain keturunan yakni Elkan Baggott; dan Laos punya satu pemain keturunan Billy Ketkeophomphone.

Jika menilik persiapan menuju Piala AFF 2020, mereka ini menjadi tulang punggung klub. Kehadiran pemain yang pernah atau sedang berkompetisi di luar negeri diharapkan memberi dampak signifikan pada tim.

Kendati demikian, Vietnam yang tak diperkuat pemain keturunan justru menjadi favorit di grup ini. Tim asuhan Park Hang Seo ini rutin berkumpul selama 2021 karena tampil di kualifikasi Piala Dunia 2022 dan kompetisi dalam negeri sedang dihentikan. Hasil yang dicapai Que Ngoc Hai juga ikut dalam persaingan fase 3 kualifikasi Piala Dunia 2022 zona Asia bersama dengan Jepang, Australia, Arab Saudi, Oman, dan China.

Malaysia yang berstatus sebagai runner-up bertahan juga difavoritkan menjadi runner up Grup B dan melaju ke semifinal bersama Vietnam karena rekam jejaknya. Tolok ukurnya kompetisi Malaysia yang sejajar dengan Thailand di level kontinental Liga Champions Asia.

Selanjutnya Indonesia dengan pelatih Shin Tae Yong diperkirakan menggebrak. Bukan tidak mungkin Indonesia menyingkirkan Malaysia, walau dua pertemuan sebelumnya di Kualifikasi Piala Dunia 2022 berkata sebaliknya.

Kamboja bersama pelatih asal Jepang Ryu Hirose juga telah bersiap dengan matang. Pemain-pemain kawakan seperti Chan Vathanaka, Keo Sokpheng, juga Kouch Sokumpheak, jadi andalan untuk menembus persaingan Grup B.

Terakhir Laos datang ke Piala AFF dengan jajaran pemain muda. Hanya ada enam pemain yang usianya di atas 25 tahun, termasuk Billy. Bahkan Billy menjadi pemain tertua di dalam skuad Laos.




Banner Testimoni

Dengan persiapan dan jajaran pemain yang telah dipanggil, Vietnam, Malaysia, dan Indonesia akan saling menjatuhkan. Pada saat yang sama Laos dan Kamboja tak diunggulkan, tetapi tetap punya kans mengejutkan.

Pertandingan Grup B Piala AFF 2021 akan dimulai 6 Desember hingga 19 Desember. Mayoritas pertandingan Grup B berlangsung di Stadion Bishan, dan satu laga digelar di Stadion Nasional.

[Gambas:Video ]

(abd/nva)




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *